KEDUDUKAN ANAK ANGKAT DALAM KEWARISAN MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM

https://doi.org/10.12345/jir.v6i2.135

Authors

  • MASYHUR

Keywords:

Anak Angkat, Kompilasi Hukum Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai ketentuan pemberian hibah harta kepada anak angkat berdasarkan Kompilasi Hukum Islam yang berlaku di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data sekunder yang berupa literatur-literatur yang relevan dengan penelitian sehingga dapat ditemukan kesimpulan yang sesuai dengan yang di harapkan. Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Prosedur pengangkatan anak di Indonesia sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan dan status dan kedudukan anak angkat yang telah diatur dalam Kompilasi Hukum Islam adalah anak angkat tetap berstatus sebagai anak kandung dari orangtua kandungnya dan kedudukan anak angkat di dalam keluarga orangtua angkatnya adalah tidak sama dengan kedudukan anak kandung dari orangtua angkatnya.
Kata Kunci : Anak Angkat, Kompilasi Hukum Islam
ABSTRACT
This study aims to find out about the provision of grant property to adopted children based on the Compilation of Islamic Law applicable in Indonesia. In this study the authors use qualitative Descriptive research method by using secondary data sources in the form of literature-literature relevant to the research so that it can be found conclusions in accordance with the expected. In this study the authors conclude that the procedure of adoption of children in Indonesia has been regulated in legislation and the status and position of adopted children that have been arranged in the Compilation of Islamic Law is the adopted child remains as a child of his biological parents and the position of adopted children in the family of parents his adoption is not the same as the position of the biological child of his adoptive parents.
Keywords: Child Lift, Compilation of Islamic Law

Downloads

Download data is not yet available.

Published

02/14/2020

How to Cite

MASYHUR. (2020). KEDUDUKAN ANAK ANGKAT DALAM KEWARISAN MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 166–176. https://doi.org/10.12345/jir.v6i2.135