CREATIVE COGNITIVE BEHAVIOR COUNSELING WITH BULLET JOURNAL AND DRAWING UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM DI KAMPUNG LITERASI LINGKUP KOSONG LIMA

https://doi.org/10.53952/jir.v12i2.589

Authors

Keywords:

creative, cognitive, behavior, counseling, self-esteem

Abstract

Self-esteem merupakan salah satu aspek kepribadian seseorang, termasuk anak-anak yang penting untuk dikembangkan karena seorang anak dengan self-esteem yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berinteraksi dengan lingkungannya sehingga anak mampu mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan potensi yang dimiliki. Self-esteem dapat ditingkatkan melalui pendekatan konseling dengan seni kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Creative Cognitive Behavior Counseling with Bullet Journal and Drawing dalam meningkatkan self-esteem pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yang melibatkan 45 anak di Kampung Literasi Lingkup Kosong Lima. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik konseling ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dan terapi dalam rangka peningkatan daya respon anak terhadap lingkungannya dan dapat menumbuhkan kemandirian di dalam diri seorang anak. Selain itu, teknik konseling ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang anak dalam berinteraksi dengan orang lain, baik teman sebaya maupun orang yang lebih tua. Dengan demikian, teknik Creative Cognitive Behavior Counseling with Bullet Journal and Drawing dapat dinyatakan mampu meningkatkan self-esteem anak di Kampung Literasi Lingkup Kosong Lima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, D. T. (2022) ‘Pengembangan konseling ekspresif melalui Bullet Journal menulis kreatif untuk meningkatkan self disclosure remaja di Pondok Pesantren Al-Huffadz Surabaya’. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Alhadi, S. and Saputra, W. N. E. (2019) ‘Creative Cognitive-Behavior Counseling (CCBC): optimalisasi seni kreatif dalam konseling’, in Prosiding University Research Colloquium, pp. 156–159.

Bidakwati, Z. (2018) ‘meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting’, ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 1(3).

Handayani, S. R. and Kurniawaty, L. (2022) ‘Pengaruh metode bercerita terhadap kecerdasan emosi anak usia dini usia 5-6 tahun di Tk Tahfidz Yarqi, Mustika Jaya, Kota Bekasi’, Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 1(3), pp. 48–55.

Nasional, P. S. (2018) ‘Memaksimalkan peran pendidik dalam membangun karakter anak usia dini sebagai wujud investasi bangsa, jilid 4’, in. Tuban: FKIP Universitas PGRI.

Refnadi (2018) ‘Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa’, Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), pp. 16–22.

Sandy, L. L., Wahyuni, Y. and Masruri, A. M. (2022) ‘Pengaruh art therapy dan self-esteem terhadap hasil belajar siswa’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), pp. 734–740.

Swasono, M. A. H. et al. (2020) ‘Membangun membangun kebiasaan membaca pada anak di masa pandemi Covid-19 melalui program satu jam tanpa gawai di griya baca desa karangrejo’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 38–50.

Ayhan, D., & Seki Öz, H. (2021). ‘Effect of assertiveness training on the nursing students' assertiveness and self‐esteem levels: Application of hybrid education in COVID‐19 pandemic’, In Nursing Forum , 56(4), pp. 807-815.

Oducado, R. M. (2021). ‘Influence of self-esteem, psychological empowerment, and empowering leader behaviors on assertive behaviors of staff nurses’, Belitung Nursing Journal, 7(3), 179-185.

Yektiningsih, E. (2020) ‘Hubungan Assertiveness terhadap Self Esteem pada Mahasiswa Keperawatan di STIKES Pamenang Pare Kediri’, Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(1), 57-62.

Mubin, F. (2020). Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Setyawan, C. F., Sudirman, D. F., Sari, D. P., Nurulita, F. R., & Eva, N. (2021, June). Asesmen Perkembangan Sosio Emosinal pada Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, pp. 58-70).

Ervon Veriza, S. K. M., Rosa, E., SPsi, M., & Pahrurazi, S. K. M. (2023). MODEL INTERVENSI MODIFIKASI PERILAKU SELF ESTEEM (MIMSE) DALAM MENURUNKAN PERILAKU BERISIKO PADA KESEHATAN REMAJA. CV Pena Persada.

Mufarrida, A. (2023). Membangun Kesehatan Mental Melalui Aktivitas Menjurnal Qur’an (Studi Living Qur’an Pada Anggota Webinar Qur’an Journaling For Self Healing) (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Saiful, S., & Nikmarijal, N. (2020). Meningkatkan Self-Esteem Melalui Layanan Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT). IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 6-12.

Permata, I., Asbari, M., & Aprilia, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Neurosains di Dunia Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 60-64.

Published

07/31/2024

How to Cite

hanifa, maula, Riris Aprilianti, & Cindy Marisa. (2024). CREATIVE COGNITIVE BEHAVIOR COUNSELING WITH BULLET JOURNAL AND DRAWING UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM DI KAMPUNG LITERASI LINGKUP KOSONG LIMA. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 12(2), 48–62. https://doi.org/10.53952/jir.v12i2.589