Author Guidelines
PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JOURNAL
|
|
SISTIMATIKA PENULISAN
|
|
JUDUL DAN NAMA PENULIS
|
THE FORMS OF ADDRESS OF THE SASAK COMMUNITY IN USING SASAK SPEECH LEVELS IN KERUAK COMMUNITY
Majid Majidi
Univeristas Gunung Rinjani
majid@ugr.ac.id
Abstrak
Abstrak merupakan gambaran umum dari penelitian atau isi artikel. Abstrak dalam bentu paragraf yang memuat: tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil. Abstrak berbahasa Indonesia ditulis menggunakan TNR-11 kurang lebih 150-175 kata. Jarak antarbaris 1 spasi.
Kata kunci: 1 atau lebih kata atau frase yang penting, spesifik, atau representatif bagi artikel
Pendahuluan
Pendahuluan berisi latar belakang, rasional, dan atau urgensi penelitian. Referensi (pustaka atau penelitian relevan), perlu dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan justifikasi urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang dipilih. Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama author dan sitasi sumber, yang berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah berada. Sebagai contoh adalah: hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa tidak mampu mengenali permasalahan otentik (Paidi, 2008, p.6).
Permasalahan dan tujuan, serta kegunaan penelitian ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf, tidak perlu diberi subjudul khusus. Demikian pula definisi operasional, apabila dirasa perlu, juga ditulis naratif.
Metode Penelitian
Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, instrumen dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya. target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, data dan instrumen, dan teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya
- Gambar 1. Cara Style dalam Template Jurnal
Hasil dan Pembahasan
Format Penulisan Artikel disesuaikan dengan Style yang telah disediakan. Style ditampilkan pada Microsoft Word pada Tab Home dan Subtab Change Style seperti Gambar 1. Style digunakan dengan cara meletakkan kursor pada teks, lalu klik pada Style yang sesuai. Tabel 1 adalah daftar Style dan fungsinya yang disediakan.
Comment-comment yang ada dalam template jurnal dapat dihilangkan dengan meletakkan kursos pada teks yang disorot lalu pilih Tab Review dan pilih Delete.
- Tabel 1. Style dan Fungsinya
No |
Nama Style |
Fungsi |
1 |
JOURNAL_ABSTRACT BODY |
Abstrak |
2 |
JOURNAL_ABSTRACT KEY |
Keyword dari abstrak |
3 |
JOURNAL_AUTHOR |
Penulis |
4 |
JOURNAL_AUTHOR IDENTI |
Identitas Penulis |
5 |
JOURNAL_BODYTE |
Teks artikel/paragraf |
6 |
JOURNAL_FIGURE |
Penamaan gambar |
7 |
JOURNAL_HEADING 1 |
Bab (Bold, Kapital Awal) |
8 |
JOURNAL_HEADING 2 |
Sub-bab (Tidak tebal, Kapital Awal) |
9 |
JOURNAL_HEADING 3 |
Sub-sub-bab (Italic, tidak tebal, kapital awal) |
11 |
HEPI_REFERENCES |
Penulisan daftar Pustaka |
12 |
HEPI_TABLE |
Penamaan tabel |
13 |
HEPI_TITLE |
Judul artikel |
Simpulan
Simpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat pula berupa rekomendatif untuk langkah selanjutnya.
Saran dapat berupa masukan bagi peneliti berikutnya, dapat pula rekomendasi implikatif dari temuan penelitian
DAFTAR PUSTAKA
Depdikbud. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 SMP, MTs Ilmu Alam (pp.1-366). Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kemendikbud.
Hamm, R.W. (1985). A Systematic evaluation of an environmental invertigation course. (Doctoral dissertation.Georgia State University). ERIC Document. Repro-duction Service No ED-256-622.
Paramata, Y. (2001). Pengembangan model so-sialisasi inovasi dan supervisi pembelajaran ilmu pengetahuan alam. (Disertasi Dok-tor. Universitas Pendidikan Indone-sia). Hal 2.
Provus, M., Malcolm. (1969). The discrepancy evaluation models. An approach to local program improvement and development. Pitaburgh Public School.
Raharja, J. T., & Retnowati, T. H. (2013). Evaluasi Pelaksanan Pembelajaran Seni Budaya SMA di Kabupaten Lombok Timur, NTB. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 17, No. 2, (pp.287-258).
Rustaman, N.Y. (2010). Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah dalam Pendidikan Sains dan Asessmentnya. Makalah Universitas Indonesia. http://file.upi. edu/direktori/sps/prodi.pendidikan_ipa/195012311979032_nuryani_rustaman/kdbi_dalamdiksainsfinal.pdf (diakses 08 April 2014)
Yaqin, L. N., & Shanmuganathan, T. (2018). The Non-Observance of Grice’s Maxims in Sasak. 3L: Language, Linguistics, Literature®, 24(2).
Yaqin, L. N., & Shanmuganathan, T. (2020). Politeness Strategies of The Pembayun (s) in The Bride-Kidnapping Practices of Sasak Culture. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 28(1).