PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XII SMAN 1 PRINGGABAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2018

https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.197

Authors

  • I WAYAN SUARTIKA

Keywords:

Metode Mind Map , Hasil belajar Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Kelas XII SMA
Negeri 1 Pringgabaya Lombok Timur Tahun pelajaran 2017/1018. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pringgabaya Lombok Timur Tahun ajaran 2017/2018 dengan
jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari laki-laki 13 orang dan 15 perempuan. Penelitian ini
menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan adalah tes
hasil belajar dan lembar observasi pembelajaran. Validitas instrumen di uji menggunakan rumus
product moment. Sedangkan untuk reliabilitas menggunakan K-R 20, diperoleh r11 = 0,94. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang singnifikan antara Siklus I dan
siklus II. Dari analisis data terdapat peningkatan rata-rata kelas dari 71, 82%pada siklus I
menjadi 81,96% pada siklus II atau meningkat 10,14%. Ketuntasan belajar pada siklus I adalah
89% meningkat menjadi 92% pada siklus II, sehingga mengalami peningkatan sebesar 3%.
Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 3,1 (tergolong cukup aktif ) meningkat pada siklus II
menjadi 3,7 (tergolong aktif). Jadi penerapan Metode Mind Map dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada pelajaran Fisika kelas XII SMAN 1 Pringgabaya Lombok Timur tahun 2018.
Kata kunci : Metode Mind Map , Hasil belajar Biologi

This research aims to know the result of an increase in learning Class XII SMAN 1 East Lombok
Pringgabaya lesson 2017/1018 Year. The subject of this research is to grade XII SMAN 1 East
Lombok Pringgabaya 2017/2018 school year number of students with 28 people consisting of
13 men and 15 women. This research method using Research Action class. The instruments
used are the test results of the study and the learning observation sheets. The validity of the
instrument is tested using the formula product moment. As for the reliability of using the K-R 20,
retrieved r11 = 0.94. The results of this research show that there is an increase in the
singnifikan between the cycle I and cycle II. From the data analysis, there is an increase in the
average grade from 71, 82% in cycle I became 81.96% in cycle II, or 10.14% increase.
Ketuntasan study on cycle I was 89% increased to 92% in cycle II, it experienced an increase of
3%. Student activity in cycle I, amounting to 3.1 (classified fairly active) increased in cycle II
becomes 3.7 (belongs to Active). So the application of the method of Mind Folder can improve
learning outcomes of students in the class XII Physics Lesson SMAN 1 East Lombok
Pringgabaya year 2018.
Key words: method of Mind Map, the results of the study of biology

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

I WAYAN SUARTIKA. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XII SMAN 1 PRINGGABAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 127–135. https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.197