UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS VI SDN 2 KELAYU JORONG SEMESTER I TAHUN 2021/2022

https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.392

Authors

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Magnet.

Abstract

This research is a Classroom Action Research (CAR) which was carried out to improve science learning outcomes in grade VI students of SDN 2 Kelayu Jorong in the 2021/2022 academic year by using the demonstration method. The subjects of this study were class VI students of SDN 2 Kelayu Jorong in 2021/2022, totaling 18 students consisting of 9 boys and 9 girls. The process of implementing science learning actions with the demonstration method in this study was carried out in 2 cycles. Based on data collected from research on efforts to improve science learning outcomes in grade VI students at SDN 2 Kelayu Jorong in 2021/2022 by using the demonstration method, there were significant changes in improving science learning outcomes for students, where in the second cycle, 18 students The sample in this study was 15 people who had achieved the minimum individual completeness criteria and that means 83% of the total sample students had achieved the individual completeness criteria, which was above the value of 60, and this meant that they had achieved the individual completeness criteria.

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN 2 Kelayu Jorong tahun Pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan metode demonstrasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Kelayu Jorong tahun 2021/2022 yang berjumlah 18 orang terdiri dari  9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Proses pelaksanaan tindakan pembelajaran IPA dengan metode demonstrasi dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari penelitian tentang upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI di SDN 2 Kelayu Jorong tahun 2021/2022 dengan menggunakan metode demonstrasi terlihat perubahan yang cukup signifikan dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa, di mana pada siklus kedua dari 18 orang sampel dalam penelitian ini 15 orang yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal individu dan itu berarti 83% dari keseluruhan siswa sampel telah mencapai keriteria ketuntasa individu yaitu di atas nilai 60, dan hal ini berarti telah mencapai kriteria ketuntasan individual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, Ahmadi dan Cholid, Narbuko. 2005. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara: Jakarta.

Arikunto Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Renika Cipta Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2002. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta. Dijen Dikdasmen.

Fajar Arni. M. pd. 2004 Portofolio dalam Pelajaran IPS, PT. Remaja Rosdakarya : Bandung

Faisal Sanapiah. 2002. Dasar-dasar Penelitian. Surabaya. Indonesia.

Hamidy, R. R., Mashur, M., & Yaqin, L. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Daring Melalui LMS pada Masa Covid 19. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 288-295.

Nasution. S. 2004, Metode Research (penelitia ilmiah).PT Bumi Aksara: Jakarta

Nurkencana, W. Sumartana, PPN.2002. Evaluasi Pendidikan. Surabaya. Usaha Nasional.

Poerdarminto, W. J. S. 2003. Belajar dan Faktor yang Memperngaruhinya. Rieneka Cipta. Jakarta.

Purwanto, Ngalim. 2004 Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi pengajaran.PT Remaja Rosda Karya. Bandung.

Ruseffendi. 2001. SetrategiBelajar Mengajar. Rieneka Cipta. Jakarta.

Wina Sanjaya. 2001. Mengajar dan Belajar dalam Standar Proses Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Published

01/30/2022

How to Cite

SUHARYATI. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS VI SDN 2 KELAYU JORONG SEMESTER I TAHUN 2021/2022. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 99–108. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.392