PENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI DASAR DASAR PEMETAAN DENGAN MODEL BELAJAR THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA-NW PANCOR LOMBOK TIMUR NTB

PENINGKATAN HASIL BELAJAR

https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.278

Authors

Keywords:

Hasil Belajar Geografi, Model Pembelajaran, Think-Pair- Share

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk mengungkap penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share untuk hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi pemetaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS semester 1 SMA NW Pancor. Data diperoleh dalam bentuk hasil tes dan hasil non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 76,00% pada siklus I menjadi 88,00% pada siklus II. Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran geografis materi dasar pemetaan dengan terbukti meningkatkan penguasaan pembelajaran peserta untuk mencapai 88% dalam siklus. 2. Model pembelajaran Think-Pair- Share dalam penelitian ini terbukti mampu meningkatkan aktivitas pembelajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

07/30/2020 — Updated on 07/30/2020

Versions

How to Cite

MUPLIHUN. (2020). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI DASAR DASAR PEMETAAN DENGAN MODEL BELAJAR THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA-NW PANCOR LOMBOK TIMUR NTB: PENINGKATAN HASIL BELAJAR. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2). https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.278