PENGARUH KEGIATAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.330

Authors

Keywords:

Metode Tutor Sebaya, Kesulitan Belajar siswa, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

This study was aimed to determine how much improvement in student learning outcomes after the peer tutoring method was applied to the geography subject of class XI SMA Negeri 1 Sakra. This research is a type of classroom action research, with the learning method applied is the peer tutor method. The research subjects were students of class XI SMA Negeri 1 Sakra for the academic year 2020/2021, totaling 20 students. The variables that were observed and measured were student learning outcomes. The data collection technique in this study used an objective test. Data analysis was carried out by statistical analysis with the one group t test formula.

The results showed that the peer tutoring method could improve student learning outcomes in class XI IPS in geography. Student learning outcomes increased as evidenced by the calculation where the t-count value obtained from this study was 13.11, while the table value with a significant level of 5% and d.b = N-1 = 20-1 = 19 was 1.73. This fact indicates that the t-count value obtained in this study is greater than the t-table value (13.11 > 1.73). Thus, the value of t is declared significant.

Keywords: Peer Tutor Method, student learning difficulties, student learning outcomes.

ABSTRAK

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode tutor sebaya pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 1 Sakra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode tutor sebaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sakra tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah sebanyak 20 orang siswa. Variabel yang diamati dan diukur adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif. Analisis data yang dilakukan dengan analisis statistika dengan rumus Uji t one group.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi. Hasil belajar siswa meningkat terbukti dari perhitungan dimana nilai t hitung yang diperoleh dari penelitian ini adalah 13,11, sedangkan nilai table dengan taraf signifikan 5% dan d.b = N-1 = 20-1 = 19 adalah 1,73. Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t hitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar dari pada nilai t tabel (13,11 > 1,73 ). Sehingga dengan demikian, nilai t dinyatakan signifikan.

Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Kesulitan Belajar siswa, Hasil Belajar Siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Supriono, Widodo, 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Aqip, Zainal, 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Isan Cendikia.

Arikunto, Suharsini, 2002. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Damin, Sudarwan, 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Djalil, Aria, dkk, 2004. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Estiningsih, Elly, 1997. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa. Majalah Mutu Depdikbud RI Vol 1 No 2

Hadi, Sutrisno, 2002. Metode Reseach. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM

Margono, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Rinduwan, 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sardiman, A.M, 2001. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono, 2000. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Published

07/31/2021