PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS BELAJAR GEOGRAFI MATERI PENGINDERAAN JAUH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.329

Authors

Keywords:

aktivitas belajar, krestivitas belajar, dicovery learning

Abstract

This study was aimed to find out how much the increase in student learning activities and creativity after the discovery learning model was applied to remote sensing subjects in geography class X IPS 1 SMA Negeri 1 Sakra Timur. This research is a type of classroom action research, with the learning method applied is the method of discussion, question and answer and literature review. The research subjects were students of class X IPS 1 SMA Negeri 1 Sakra Timur in the academic year 2020/2021, totaling 30 students. This research activity was carried out in two cycles, each cycle consisting of stages of planning, action, observation, and reflection, which aims to improve the quality of learning. The data collection tool uses learning activity observation sheets, learning creativity observation sheets and learning outcomes tests in the form of description questions. Data from the results of formative test observations in each cycle became the basis or material for improvement for the next cycle. The results showed that: there was an increase in student learning activities and creativity as seen from the increase in student learning outcomes in each cycle after using the discovery learning model in learning geography for remote sensing material for class X IPS 1 SMA Negeri 1 Sakra Timur in the academic year 2020/2021.

Keywords: learning activities, learning creativity, discovery learning

ABSTRAK

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar dan krestivitas belajar siswa setelah diterapkan model discovery learning pada mata pelajaran geografi materi penginderaan jauh kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sakra Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode diskusi, tanya jawab dan kajian pustaka. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sakra Timur tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah sebanyak 30 orang siswa. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanya dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk mmperbaiki kualitas pembelajaran. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar, lembar pengamatan kreativitas belajar dan test hasil belajar yang berupa soal-soal uraian. Data dari hasil observasi test formatif disetiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan untuk siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat peningkatan aktivitas belajar dan kreativitas belajar siswa yang terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklus setelah menggunakan model discovery learning pada pembelajaran geografi materi penginderaan jauh kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sakra Timur tahun pelajaran 2020/2021.

Kata kunci : aktivitas belajar, krestivitas belajar, dicovery learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Suatu Pengantar Praktis. Jakarta : Bitama Aksara.

Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Geografi SMA. Bahan Sosialisasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Djamarah, Saiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Intraksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta

Permendiknas Nomor 22. 2006. Standar Isi. Jakarta : Kemendikbud

Permendiknas Nomor 41.2007. Standar Proses. Jakarta : Kemendikbud

Sudjana, Nana. 1982. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Sinar Baru

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Insan Cendikia.

Published

07/31/2021