EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI (LINTAS MINAT) SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 1 MASBAGIK

https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.332

Authors

Keywords:

E-Learning, Google Classroom, Motivasi Belajar Biologi

Abstract

The condition of the covid-19 pandemic that requires applying physical distancing so that face-to-face learning cannot be done and learning is forced to be done online (online) and students' motivation to learn biology is still low. This classroom action research aims to increase students' motivation to learn biology in class XI IPS-1 at SMAN 1 Masbagik and describe the increase in motivation to learn biology at class XI IPS-1 at SMAN 1 Masbagik through Google Classroom-based E-Learning. The research method used is classroom action research. This research was conducted in two cycles of 30 students. Data collection techniques through observation and motivation questionnaires. The implementation of E-Learning based on Google Classroom is stated in the very good, good, quite good, poor, and not good categories, while the motivation to learn mathematics is stated in the very high, high, medium, low and very low categories. Based on the results of the research conducted, it can be concluded as follows: 1) the implementation of E-Learning based on Google Classroom in the first cycle in the fairly good category and in the second cycle in the good category. 2) Biology learning motivation of students in class XI IPS-1 SMA Negeri 1 Masbagik in the first cycle is low, the second cycle is moderate, namely in the first cycle the average motivation to learn biology is 66.3% while in the second cycle it increases to 72.4%.

Keywords: E-Learning, Google Classroom, Motivation to Study Biology

Abstrak

Kondisi pandemic covid-19 yang mengharuskan menerapkan Pysical distencing sehingga pembelajaran tatap muka tidak bisa dilakukan dan terpaksa pembelajaran dilakukan secara online (daring) dan masih rendahnya motivasi siswa dalam belajar biologi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 Masbagik dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 Masbagik melalui E-Learning berbasis Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket motivasi. Keterlaksanaan E-Learning berbasis Google Classroom dinyatakan dengan kategori sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik, sedangkan motivasi belajar matematika dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) keterlaksanaan E-Learning bebasis Google Classroom pada siklus I pada kategori cukup baik dan pada siklus II pada kateori baik. 2) Motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Masbagik pada siklus I rendah, siklus dua sedang, yaitu pada siklus I rata-rata motivasi belajar biologi adalah 66,3% sedangkan pada siklus II naik menjadi 72,4%.

Kata kunci: E-Learning, Google Classroom, MotivasiBelajarBiologi


Downloads

Download data is not yet available.

References

Fustika, A. (2018). Pengembangan Media Layanan Informasi Karir Berbasis Google Clasroom di Sekolah Menengah Kejuruan. J. Pendidik dan Pembelajaran. 8(12), 1-9.

Maskar, A. and E. Wulantina. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Clasroom. J. Inov. Mat, 1(2), 110-121.

Alam, F. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta.

Arends, Richard I. (2008). Belajar untuk Mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baban dan Sabara (2019). Keefektivan Google Clasroom Sebagai Media Pembelajaran. Proos. Smins. Nas. Penelit. UNM, 122-125.

Walgito, Bimo (2004). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: Andi

Nurgiantoro, Burhan 2009. Statistik (Ketuntasan Klasikal). Jakarta. Rineka Cipta.

Djaali, H. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, A. B. (2016). Efektivitan Penggunaan E-Learning Moodle, Google Clasroom dan Edmodo. I-STATEMENT. 2(1), 1-6.

Hogan, R. and B.W. Roberts. (2002). Personality Psychology. Woshington: American Psychological Assosiation.

Narsim (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Sinar Terang.

Hamalik, Oemar. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Prayitno, Elida. (1989). Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud

Sardiman, A. M. (1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta

Stone, Randi. (2009). Cara-cara Terbaik Mengajarkan Matematika. (Terjemahan Suci Romadhona). Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, A. (2019). Analisis Resfon Siswa Terhadap Penggunaan Google Clasroom Pada pembelajaran Biologi. Prims. Pross. Smins. Nas. Mat, 2, 498-502.

Published

07/31/2021