PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS I SDN 2 KELAYU JORONG MELALUI MEDIA METODE DEMOSTRASI

https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.386

Authors

Keywords:

Hasil belajar, Metode Demonstrasi.

Abstract

The type of research conducted is PTK. The purpose of this classroom action research (CAR) is to find out the extent to which students' learning outcomes in Mathematics Subjects on Flat Shapes are increased by applying the Demonstration Method. This classroom action research (CAR), it is carried out in 2 cycles, from the results of the actions taken it is proven to be able to improve student learning outcomes by achieving the classical mastery that is set at 85%. Classical completeness 72% obtained in the first cycle, can be increased in the second cycle to 89%. In terms of student activity, there was also an increase, namely, in the first cycle, the moderately active category increased to an active category. The results of this action research indicate that the implementation of the Demonstration Method can improve student learning outcomes in the Mathematics subject with a flat figure with a completeness of 89%.

Abstrak

mengetahui sejauh mana peningkatkan Hasil belajar siswa pelajaran Matematika Materi Bangun Datar dengan menerapkan Metode Demonstrasi. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dengan mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 85%. Ketuntasan Klasikal 72% diperoleh pada siklus I, dapat meningkat pada siklus II menjadi 89 %. Dari segi aktivitas siswa juga ada peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh kategori cukup aktif meningkat menjadi kategori aktif. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika Materi Bangun Datar dengan ketuntasan mencapai 89 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar.(1993) Proses belajar mengajar pola CBSA Surabaya: Usaha Nasional.

Blom (Suharsimi,1994) Kinerja Pustaka Ilmu Erlangga.

Bruner.(T.wakiman 2001) Psikologi dari Havard University Amerika.

Dalyono.(2001) Psikologi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mujiono. (2009) Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lismawati Simanjuntak. (1993) Motivasi Mengajar Matematika Jakarta:Rineka Cipta.

Mashur, M., Iswandi, T., & Yaqin, L. N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Integrasi TIK dalam Proses Pembelajaran pada Pondok Pesantren di Lombok Timur. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 278-287.

Muchtar A.Karim.(1997) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Muhibbin syah. (2003) Psikologi belajar.Jakarta : PT Raja Grafindo.

Nana Sudjana,(2002) Metode Statistika Bandung.

Piaget. (Pitadjeng, 2006) Statistik konsep dasar dan apikasinya Jakarta Kencana.

Sri Rumini ,dkk.(1995) Psikologi Pendidikan :FIP IKIP Jakarta.

Sri Subarinah.(2006). Inovasi Pembelajaran SD Jakarta: Depdiknas.

Syapul Sagala.(2006) Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Published

01/30/2022

How to Cite

SURYANI, L. . (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS I SDN 2 KELAYU JORONG MELALUI MEDIA METODE DEMOSTRASI . Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 24–33. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.386