PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGETIK SISTEM 10 JARI PADA SISWA KELAS X OTKP-1 SMK NEGERI 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.394

Authors

  • Sabri SMK NEGERI 2 SELONG

Keywords:

reward and punishment, prestasi belajar, mengetik

Abstract

The purpose of this study was to determine the application of the reward and punishment method in improving learning achievement of the subject matter of typing the 10 finger system of class X Office Administration Automation at SMK Negeri 2 Selong. This research type is Classroom Action Research. This research was conducted in the form of a cycle according to the model of Kemmis and Mc Taggart, namely the stages of classroom action research to achieve the desired changes and results. The stages in question start from the planning, implementation, observation and reflection stages. Based on the results of the research and discussion that have been described in the previous chapter, it can be concluded that the reward and punishment method can improve the learning achievement of the 10-finger typing system in class X OTKP-1 SMK Negeri 2 Selong. This is evidenced by the value of the 10-finger system typing skill with an average of 70.06 in the pre-cycle. Through learning activities in the first cycle using the reward and punishment method in the 10-finger typing system subject, it can increase the students' average score to 74.0 and in the second cycle, the students' average score increases to 80.2. Where the average value of the second cycle has exceeded the set target of 75. As for the results of student skills with the percentage of students who achieved the KKM in the pre-cycle of 31% or 10 students out of 32 students, the first cycle of students who achieved the KKM was 50% or 16 students out of 32 students, and in the second cycle, the students who achieved the KKM were 88% or 28 out of 32 students.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode reward and punishment dalam meningkatkan prestasi belajar materi pokok mengetik sistem 10 jari siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Selong. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian   ini dilaksanakan dalam bentuk siklus sesuai dengan model Kemmis dan Mc Taggart yaitu tahap-tahap penelitian tindakan kelas untuk mencapai perubahan dan hasil yang diinginkan. Tahap-tahap yang dimaksud mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa metod ereward and punishment dapat meningkatkan prestasi belajar mengetik system 10 jari pada siswa-siswi kelasX OTKP-1 SMK Negeri 2 Selong. Hal ini dibuktikan dari nilai keterampilan mengetik sistem10 jari dengan rata-rata pada prasiklus sebesar 70,06. Melalui kegiatan pembelajaran siklus I menggunakan metode reward and punishment pada mata pelajaran mengetik sistem10 jari dapat meningkatkan rata-rata nilai siswa menjadi 74,0 dan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80,2. Dimana pada nilai rata-rata siklus II sudah melampaui target yang ditetapkan sebesar 75. Sedangkan untuk hasil keterampilan siswa dengan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada prasiklus sebesar 31% atau 10 siswa dari 32 siswa, siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar 50% atau 16 orang dari 32 siswa, dan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebesar 88% atau 28 orang dari 32 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi dkk, (2008).Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Bumi Aksara)

Anonim, Pembelajaran Dengan Methode Tutor Sebaya. (blog). http://baliteacher. blogspot.com/2010/02/pembelajaran-dengan-methode-tutor-teman.html, diakses tanggal 25 September 2013, pukul 12.17

Anonim, MS Word 1-Pengenalan MS Word 2007, (blog), http://aridiana.staff. uns.ac.id/2009/08/27/ms-word-1/, diakses tanggal 28 September 2013, pukul 9.26

Anonim, Peer Group, (web), http://en.wikipedia.org/wiki/Peer_group, diakses tanggal 28 September 2013, pukul 9.27

Anonim, Rancangan Proposal PTK, http://ahyaninn.files.wordpress.com/2011/07/bab-iii.docx‎, (blog), diakses tanggal 28 September 2013, pukul 10.53

Edukasi, Media, Pola-pola Belajar Oleh Gagne, (blog), http://mediaedukasiku. blogspot.com/p/pola-pola-belajar-siswa-oleh-gagne.html, diakses tanggal 25 September 2013, pukul 11.47

Saputra, Hardiman, Pola Belajar Tutor Sebaya, (blog), http://hardymath. blogspot .com/2012/03/pola-belajar-tutor-sebaya.html, diakses tanggal 24 September 2013, pukul 11.28

Slameto, (1995), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta:Rineka Cipta)

Sugiyono, (2002), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif danR & B, (Bandung: Alfabeta)

Syaiful Sagala, (2003), Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta)

Suprihatiningrum, J, (2013). Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media)

Wiriaatmadja, R, (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Yudhistira, D, (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik (Asli PerluIlmiah Konsisten), (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia)

Published

01/30/2022

How to Cite

Sabri. (2022). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGETIK SISTEM 10 JARI PADA SISWA KELAS X OTKP-1 SMK NEGERI 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 81–98. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.394