PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KONSEP PEDOSFER MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR

https://doi.org/10.12345/jir.v8i1.74

Authors

  • IKHTIQLAL IRPAN AHADI SMA Negeri 1 Sakra Timur

Keywords:

Hasil Belajar, Pedosfer, Pembelajaran Kooperatif, Investigasi Kelompok.

Abstract

Tujuan PTK ini adalah: (a) Untuk meningkatkan minat belajar geografi pada konsep Pedosfer, (b) Untuk meningkatan hasil belajar Geografi pada konsep Pedosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi Kelompok di kelas X IPS 2 SMAN 1 Sakra Timur tahun pelajaran 2018/2019. PTK ini dilakukan melalui 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes diolah dengan menggunakan deskripsi persentase. Nilai yang diperoleh siswa dirata-rata untuk menemukan tingkat pemahaman konsep pedosfer para siswa dalam pembelajaran Geografi. Data kualitatif yang diperoleh dari observasi dan angket siswa, diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Data kuantitatif dan kualitatif ini kemudian dikaitkan sebagai dasar untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan model pembelajaran investigasi kelompok yang ditandai dengan peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi konsep pedosfer dalam pembelajaran geografi secara klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang di terapkan pada pembelajaran Geografi konsep pedosfer terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa baik secara individual maupun klasikal, menumbuhkan kemampuan bekerja sama, berfikir kritis, dan pada saat bersamaan juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan yaitu dari nilai rata-rata siswa 59 pada pra siklus, menjadi 67,5 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 71,77 pada siklus ke 2. Sehingga pembelajaran Geografi konsep pedosfer dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terbukti mampu meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

01/23/2020

How to Cite

IKHTIQLAL IRPAN AHADI. (2020). PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KONSEP PEDOSFER MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR . Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(1), 66–75. https://doi.org/10.12345/jir.v8i1.74