UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS V SDN 2 KELAYU JORONG PADA MASA PANDEMI COVED-19 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.387

Authors

Keywords:

Hasil belajar, Metode Numbered Head Together.

Abstract

The type of research conducted is PTK or PTS. The purpose of this classroom action research (CAR) is to find out the extent to which students' learning outcomes in science have been increased by applying the Numbered Head Together Method. In this classroom action research (CAR), it is carried out in 2 cycles, from the results of the actions taken it is proven to be able to improve student learning outcomes by achieving the classical mastery that is set at 85%. 38.8% classical completeness obtained in the first cycle, can be increased in the second cycle to 94.4%. In terms of student activity, there was also an increase, namely in the first cycle, the moderately active category increased to an active category. The results of this action research indicate that the application of the Numbered Head Together Method can improve student learning outcomes in science lessons with completeness reaching 94.4%.

Abtsrak

Jenis penelitian yang dilakukan apakah PTK atau PTS. Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan Hasil belajar siswa pelajaran IPA dengan menerapkan Metode Numbered Head Together. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dengan mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 85%. Ketuntasan Klasikal 38.8% diperoleh pada siklus I, dapat meningkat pada siklus II menjadi 94.4 %. Dari segi aktivitas siswa juga ada peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh kategori cukup aktif meningkat menjadi kategori aktif. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Metode Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan ketuntasan mencapai 94.4 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari Kunto 2006, Penelitian tindakan bebas, Jakarta : Bumi Aksara.

Baharuddin 2008, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Grup.

Budiningsih, Asri 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Hamidy, R. R., Mashur, M., & Yaqin, L. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Daring Melalui LMS pada Masa Covid 1

Martini Yamin 2007, Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran, Jakarta : Gaung Persada Press.

Martini Yamin 2007, Strategi Pembelajran Berbasis Kompetensi, Jakarta : Gaung Persada Press.

Mashur, M., Iswandi, T., & Yaqin, L. N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Integrasi TIK dalam Proses Pembelajaran pada Pondok Pesantren di Lombok Timur. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 278-287.

Mulyani Sumantri, Johar Permana 2001, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : CV. Maulana.

Nana Sudjana 2008, Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru.

Suyono & Harianto 2011, Belajar dan Pembelajaran, Surabaya : Unesa

Trianto 2007, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Peraktik, Jakarta : Prestasi Pustaka

Trianto 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovaif Progresif, Jakarta : Prenada Media Grup.

Published

01/30/2022

How to Cite

USWATUN HASANAH. (2022). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS V SDN 2 KELAYU JORONG PADA MASA PANDEMI COVED-19 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 34–42. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.387