PENERAPAN METODE PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

https://doi.org/10.12345/jir.v7i2.105

Authors

  • SUBKI

Keywords:

Metode Pembelajaran Peta Konsep, Motivasi dan Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :Untuk mengetahui proses dan hasil dari
penerapan pembelajaran metode peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Labuhan Haji semester Ganjil tahun pelajaran
2018/2019. Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
2 siklus, dimana siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Setiap
siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Labuhan Haji tahun pelajaran
2018/2019 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh skor motivasi belajar
rata-rata 13,84 (baik), dan hasil evaluasi rata-rata kelas 71,41, sedangkan pada siklus II, skor
motivasi belajar rata-rata 16 (Baik.), dan hasil evaluasi rata-rata kelas 80,47. Hasil ini
menunjukkan bahwa penerapan metode peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Peta Konsep, Motivasi dan Hasil Belajar.
ABSTRACT
Objective to be achieved in this research are: To know the process and the result of the
application of the method of learning concept map to increase motivation and outcomes studied
physics students of Class XI IPA 1 SMA Negeri 1 Labuhan Haji semester Odd years lessons
2018/2019. This type of research is done is class action research conducted in 2 cycle, where the
cycle 1 consists of 2 meetings, and cycle II consists of 2 meetings. Each cycle consists of the
planning phase, the implementation of the action, observation, evaluation and reflection. The
subject of this research is the students of Class XI IPA 1 SMAN 1 Labuhan Haji 2018/2019
lessons year totalling 34 people. The results of the research on cycle I retrieved the learning
motivation score an average of 13.84 (good), and the results of the evaluation of the average
class 71.41, whereas in cycle II, learning motivation score an average of 16 (Good), and the
results of the evaluation of the class average 80.47. This result shows that the application of the
method of concept maps can increase motivation and learning outcomes learner class XI IPA 1
SMA Negeri 1 Labuhan Haji lesson 2018/2019 year.
Keywords: concept maps learning methods, Motivations and outcomes of learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

02/08/2020

How to Cite

SUBKI. (2020). PENERAPAN METODE PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 77–87. https://doi.org/10.12345/jir.v7i2.105