TANTANGAN DALAM PEMBELAJARAN PERGURUAN TINGGI DAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19

https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.321

Authors

  • Endang Kartini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Lalu mimbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Izrawati MTs.Negeri 1 Lombok Barat

Keywords:

Challenges in Learning, Implementation of Free Learning During the Covid-19 Pandemic

Abstract

 

This study aims to determine the challenges of higher education learning and the implementation of independent learning during the Covid-19 pandemic. The method used in this research is literature study or library research. Literature studies are carried out by reading library sources to obtain the required data. The data sources used are secondary data, where secondary data is collected through textbooks, scientific journals, and perodical. The results showed that online learning is learning that uses an internet-based interactive model and a Learning Management System (LMS). The abilities of lecturers and students in online learning vary, some are accustomed to it, cannot be separated, there are also those who are forced and unprepared. However, the condition of the plague forces everyone to be ready to take advantage of information technology to prevent the outbreak from spreading. The Coronavirus Disease (Covid-19) pandemic has great potential to become a catalyst in the implementation of the Merdeka Learning: Merdeka Campus policy. Lecturers and students become actors in independent learning with the help of information technology. The implementation of online learning is not only dominated by State Universities (PTN), Private Universities (PTS) have also implemented online lectures well. For example, STIEAMM, which already has an online learning facility using an LMS platform with a display and URL: https://stieamm.ecampuz.com The implementation of online learning is not only dominated by State Universities (PTN), Private Universities (PTS) have also implemented lectures online well. For example, STIEAMM, which already has an online learning facility using the LMS platform with display and URL: https://stieamm.ecampuz.com

Keywords: Challenges in Learning, Implementation of Free Learning During the Covid-19 Pandemic

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan pembelaran perguruan tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature atau penelitian kepustakaan. Studi literature dilakukan dengan membaca sumber-sumber kepustakaan untuk memperoleh data yang diperlukan Sumber data yang digunakan berasal dari data sekunder, dimana data sekunder tersebut dikumpulkan melalui buku teks, jurnal ilmiah, perodical. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS) Kemampuan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran daring beragam, ada yang telah terbiasa, tak lepas masih ada juga yang terpaksa dan tidak siap. Namun, kondisi wabah memaksa semuanya harus siap memanfaatkan teknologi informasi untuk mencegah wabah meluas. Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) justru memberikan potensi besar menjadi katalis dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Dosen dan mahasiswa menjadi actor dalam pembelajaran secara mandiri dengan bantuan teknologi informasi. Implementasi pembelajaran daring bukan hanya didominasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga telah mengimplementasikan kuliah daring dengan baik. Misalnya, STIE AMM, yang telah memiliki sarana pembelajaran daring menggunakan platform LMS dengan tampilan dan URL: https://stieamm.ecampuz.com

Kata Kunci : Tantangan Dalam Pembelajaran,Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). ProsedurPenelitian: SuatuPendekatanPraktik. Jakarta: RinekaCipta

Ali Sadikin, dkk, 2020, Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemi, BIODIK: JurnalIlmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224 Available online at:

Bilfaqih, Yusuf dan Qomaruddin, M. Nur. (2015). EsensiPengembanganPembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Dirjen) Dikti,, 2020, MenurutPelaksanaanTugas (PLT) Direkturjenderal (Dirjen) Dikti,

DwiSulisworo, dkk, 2020, PraktekPembelajaran Daring Era Covid-19, PenerbitCV.Markumi, Jl.Matrijeron, Kota Yogyakarta 55141

DirektoratJenderal Pendidikan Tinggi 2020, BUKU PENDIDIKAN TINGGI DI MASA PANDEMI COVID-19 PembelajaranPerguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Hignasari, L., &Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning denganMetodeSelf AssessmentUntukMeningkatkan Hasil BelajarMatematikaMahasiswa Universitas Mahendradatta. JurnalKependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 206-219. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476

Hartanto, W. (2016). PenggunaanELearningsebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, .18–1 ,)1(10

Kemdikbud RI. (2020). EdaranTentangPencegahanWa- bah COVID-19 di LingkunganSatuan Pendidikan Seluruh Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri. (2020). PedomanUmumMenghadapiPandemi COVID-19 BagiPemerintah Daerah. 1–206. https://doi.org/10.1017/ CBO9781107415324.004.

Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pence- gahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). 3, 1–116.

Kemdikbud RI. (2020). EdaranTentangPencegahanWabah COVID-19 di LingkunganSatuan Pendidikan Seluruh Indonesia

Kemendikbudm, SuratEdarandari Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 36962/MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Marat 2020 tentangPembelajaransecara Daring dan BekerjadariRumahdalamrangkaPencegahan Covid-19

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No. 01/KB/2021, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.01/Menkes/363/2020, dan No. 440-882 tentang Panduan PenyelenggaraanPembelajaran pada TahunAjaran 2020/2021 dan TahunAkademik 2020/2021 di masa Covid-19

Keputusan DirekturJenderal Pendidikan Islam KemenagNomor 3451 Tahun 2020 tentangPetunjuk Teknis PenyelenggaraanPembelajaran PAI di Sekolah Pada Masa KebiasaanBaru

Maudiarti, Santi. (2018). PenerapanELearning di Perguruan Tinggi. PerspektifIlmu Pendidikan, 32 (1), 53-68.

Maudiarti, Santi. (2018). PenerapanELearning di Perguruan Tinggi. PerspektifIlmu Pendidikan, 32 (1), 53-68.

Mustakim, 2020, EfektivitasPembelajaran Daring Menggunakan Media Online SelamaPandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika The Effectiveness Of E-Learning Using Online Media During The Covid-19 Pandemic In Mathematics

Nazir, Moh. (2014). MetodePenelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurhayati, E. (2020). MeningkatkanKeaktifanSiswaDalamPembelajaran Daring Melalui Media Game EdukasiQuiziz pada Masa PencegahanPenyebaran Covid-19. JurnalPaedagogy, 7(3), 145-150. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Nizam, 2020, PembelajaranPerguruan Tinggi Dan Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19, PenerbitDirektoratJenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Paul Usmany, 2020, DampakPandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online (StudiEksploratif Pada MahasiswaJurusanAkuntansiFakultasEkonomi Dan Bisnis Universitas Pattimura)JurnalAkuntansi • Vol. 6 No. 1, Hal: 23-38 • Juli 2020

Purwanto,dkk.2020. StudiEksploratifDampakPandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and counseling.Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online : 2716-4446

Pratiwi.2020. Dampak Covid-19 TerhadapKegiatanPembelajaran Online Di SebuahPerguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. PerspektifIlmu Pendidikan. Volume 34 Issue 1 p-ISSN: 1411- 5255 http://doi.org/10.21009/PIP.34 1.1.e-ISSN: 2581-2297

Sugiyono. (2010). MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sutaryo, 2020, BukuPraktisPenyakit Virus Corona 19 ( Covid-19)

Siahaan, 2020, DampakPandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) e-ISSN: 2597-792X, ISSN: 1410-9794 EdisiKhusus No. 1 (Juli 2020),

Susmiati, E. (2020). MeningkatkanMotivasiBelajar Bahasa Indonesia MelaluiPenerapan Model Discovery Learning dan Media Video DalamKondisiPandemi Covid-19 bagiSiswa SMPN 2 Gangga. JurnalPaedagogy, 7(3), 210-215. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Taradisa, N, 2020, Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 5 Banda Aceh, Artikel, 2020

Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1)

Undang-undangNomor 20 tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasiona

https://www.jpnn.com/news/prof-ojat-guru-tidak-akan-tergantikan-dengan-teknologi

Published

07/31/2021

How to Cite

Endang Kartini, Lalu mimbar, & Izrawati. (2021). TANTANGAN DALAM PEMBELAJARAN PERGURUAN TINGGI DAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 9(2), 43–50. https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.321