UPAYA MEMINIMALKAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN AJARAN 2016/2017

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.245

Authors

  • SUBKI

Keywords:

Perilaku Konsumtif, Layanan konseling kelompok

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel dalam penelitian adalah perilaku
konsumtif dan layanan konseling kelompok. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas
X SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik sampling yang digunakan
adalah Purposive Sampling dan Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah angket perilaku konsumtif, sedangkan metode pengumpulan data
pendukungnya yaitu observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
persentase dan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat perilaku konsumtif
siswa sebelum memperoleh perlakuan berupa layanan konseling kelompok rata-rata
persentasenya sebesar 66,04% termasuk dalam kriteria tinggi, sedangkan tingkat perilaku
konsumtif siswa setelah memperoleh perlakuan berupa layanan konseling kelompok rata-rata
persentasenya sebesar 48,49% termasuk dalam kriteria rendah, Dengan demikian siswa dalam
hal ini anggota kelompok mengalami peminimalan perilaku konsumtif dengan rata-rata
persentasenya sebesar 17,57%. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa thitung = 7,27 > ttabel =
2,26, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasilnya
signifikan yaitu terjadi perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah memperoleh
layanan konseling kelompok. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasaba dapat diminimalkan melalui layanan
konseling kelompok.
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Layanan konseling kelompok

This research is research Type experiments. Variables in research is the consumerist behavior
and group counseling services. The sample in this study was 10 grade X SMA Negeri 1
Wanasaba Lesson 2016/2017 Year. The sampling technique used was Purposive Sampling and
Proportional Random Sampling. The data collection method used is the now the behavior of the
consumer, while supporting data collection method that is observation. Data analysis is a
descriptive analysis of the percentage of the test and t-test. The results of this research show
that the level of consumptive behavior of students before obtaining preferential treatment in the
form of counselling services group the average percentage of 66.04% included in the criteria,
while the high level of consumptive behavior of students After obtaining preferential treatment in
the form of counselling services group an average of 48.49% percentage is included in the
criteria is low, thus the students in this group experienced a peminimalan consumptive behavior
with an average percentage of 17.57%. The t-test test results show that thitung = ttabel > 7.27 =
2.26, which means Ha Ho accepted and rejected. It is shown that the results are significant, i.e.
occurs a significant difference between before and after obtaining counselling services group.
Based on the results of the research, it can be inferred that the consumerist behavior grade X
SMA Negeri 1 Wanasaba can be minimized through group counselling service.
Keywords: Consumer Behavior, counseling services group

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

SUBKI. (2020). UPAYA MEMINIMALKAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN AJARAN 2016/2017. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 81–96. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.245