PENERAPAN STARTEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI DI KELAS X IPA 1 SEMESTER II SMA NEGERI 2 AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.242

Authors

  • USMAN

Keywords:

pembelajaran aktif, hasil belajar, pelajaran Penjaskes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Penjaskes pada materi kebugaran Jasmani di kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Aikmel semester II pada tahun 2015/2016, dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi bagian perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kerja kelompok yang menjadi subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Aikmel, sedangkan obyek adalah pembelajaran penjaskes materi kebugaran Jasmani yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok besar dan kecil. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai. Siswa dalam menguasai materi percakapan yang diberikan peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 32,14% dari kondisi awal, sedangkan dari siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebesar 14,29%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pelaksanaan pembelajaran yaitu pengajar untuk mengajar materi pembelajaran dalam kelompok besar dan kecil dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif.
Kata kunci : pembelajaran aktif, hasil belajar, pelajaran Penjaskes

This study aims to improve the learning results of Penjaskes on Physical fitness material in class X 1 IPA SMA Negeri 2 Aikmel semester II in 2015/2016, by enabling students in learning. Research action class this is done through 2 cycles and at each cycle includes part of planning, implementation, observation and reflection. Whereas to enable students in the study, researchers using the worksheets provided to the students in the group work that is the subject of research this is a class act students class X 1 IPA SMA Negeri 2 Aikmel, while an object is learning material penjaskes Physical fitness being taught in a way to enable students in groups large and small.
From the research that was held by researching the initial conditions of students as measured by the test tools and research results a class act with a 2 cycle seen an increase in the results achieved. Students in mastering the material of conversation given the increased mastery of this material ranging from the I-cycle students can be increased by 32.14% of initial conditions, while from the cycle I after done actions on cycle II increased by 14.29%. From this class action research results then the researchers recommend in the implementation of learning i.e. teachers for teaching learning material in groups large and small by applying active learning strategies.
Key words: active learning, learning outcomes, lessons Penjaskes

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

USMAN. (2020). PENERAPAN STARTEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI DI KELAS X IPA 1 SEMESTER II SMA NEGERI 2 AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 130–140. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.242