ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH MELANJUTKAN STUDI DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN MATARAM

https://doi.org/10.12345/jir.v6i1.97

Authors

Keywords:

faktor memengaruhi keputusan, pendidikan, bauran pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang memengaruhi keputusan mahasiswa memilih melanjutkan studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih melanjutkan studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram adalah kelompok faktor I yaitu faktor personal traits dengan nilai faktor loading 0,659, faktor bukti fisik dengan nilai faktor loading 0.785, dan faktor proses dengan nilai faktor loading 0,780. Sedangkan kelompok 2 terdiri dari faktor produk dengan nilai faktor loading 0.775, dan faktor harga dengan nilai faktor loading 0,830. Kelompok 3 terdiri dari faktor promosi dengan nilai faktor loading 0,839 dan faktor lokasi dengan nilai faktor loading 0,679. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan yang dapat ditarik adalah faktor I yaitu personal traits, bukti fisik dan proses mempunyai pengaruh yang paling kuat dalam memengaruhi keputusan mahasiswa memilih melanjutkan studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram.
Kata Kunci: faktor memengaruhi keputusan, pendidikan, bauran pemasaran
The purpose of this study is to determine what factors affect the decision of students choose to continue study in Faculty of Science Tarbiyah and Teacher Training IAIN Mataram. The type of research used in this research is descriptive research. Based on the results of research factors that affect the decision of students in choosing to continue studies in the Faculty of Science Tarbiyah and Teacher Training IAIN Mataram is a group of factors I, that is personal traits factor with loading factor value 0.659, physical evidence factor with loading factor value 0.785, and factor process with factor loading 0.780. While group 2 consists of product factor with loading factor value 0.775, and price factor with loading factor factor 0,830. Group 3 consists of promotion factor with loading factor factor 0,839 and location factor with loading factor value 0,679. Based on the results of research and discussion, the conclusions can be drawn is the first factor is personal traits, physical evidence and the process has the most powerful influence in influencing the decision of students to choose to continue study in Faculty of Science Tarbiyah and Teacher Training IAIN Mataram.
Keywords: factors influence decision, education, marketing mix

Downloads

Download data is not yet available.

Published

02/07/2020

How to Cite

UGR, L. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH MELANJUTKAN STUDI DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN MATARAM. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(1), 92–106. https://doi.org/10.12345/jir.v6i1.97