PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

https://doi.org/10.53952/jir.v12i2.583

Authors

  • Rangga Universitas Bumi Gora
  • Baiq Dinna Widiyasti
  • Stevany Hanalynan Dethan

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana citra merek, kualitas pelayanan, dan kualitas produk berdampak pada keputusan konsumen untuk membeli barang. Metode deskriptif kuantitatif digunakan, dan jumlah sampel yang digunakan adalah 112 responden yang telah membeli es balok dari CV. Langsung Dingin lebih dari tiga kali. Program analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli es balok CV. Langsung Dingin. Hasil uji secara keseluruhan menunjukkan bahwa citra merek, kualitas pelayanan, dan kualitas produk secara keseluruhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli es balok CV. Langsung Dingin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, Rahayu, Agus Supandi Soegoto, and Djurwati Soepeno. 2018. “Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pproduk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada Pt.Wahana Wirawan Manado.” Jurnal EMBA 6 (4): 3553–62.

Amalia, Nur. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan).” Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis 6 (2): 1–13.

Amilia, Suri, and M. Oloan Asmara. 2011. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam 6 (1): 660–69.

Amrullah, pamasang S Siburian, and Saida Zainurossalamia ZA. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda.” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 13 (2): 99–118.

Azwar, Saifuddin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daulay, Nurjannah. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelyanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pada Ayam Penyet Surabaya Jl. Dr. Mansyur Medan).” Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK) 2: 89–110.

Djafar, Novita, Irwan Yantu, Sudirman Sudirman, Raflin Hinelo, and Roy Hasiru. 2023. “Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Pembelian Di CV.Mufidah Kota Gorontalo.” Journal of Economic and Business Education 1 (2): 76–81.

Gifani, Auliannisa, and Syahputra. 2017. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom.” Bisnis Dan Iptek 10 (2): 84.

Hair, Joseph, Rolph Anderson, Barry Babin, and Wiiliam Black. 2010. “Multivariate Data Analysis.Pdf.” Australia : Cengage.

Indrawan, Dody, Gita Rahmawati, Indah Oktaviana, and Sari Ismiati. 2022. “Model Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan: Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek (Literatur Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3 (1): 2022.

Kurniawati, Ely. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Equilibiria 7 (2): 100–108.

Lapian, Malonda Deisy Joyce, and Yunita Mandagie. 2018. “Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai  Gerai Seluler Di It Center Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6 (4): 2288–97.

Lianardi, William, and Stefani Chandra. 2019. “Analysis Of Service Quality, Product Completeness, And Price On Purchasing Decisions At Juni Minimarket Pekanbaru.” Kewirausahaan Dan Bisnis 45 (1): 45–58.

Meliana, Sulistiono, and Budi Setiawan. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen.” Meliana, Sulistiono Setiawan, Budi 1 (3): 247–54.

Nasution, Asrizal Efendy, and Muhammad Taufik Lesmana. 2018. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi Kasus Alfamart Di Kota Malang).” Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia 1 (2654–6493).

Rachmawati, Siska Dwi, and Anik Lestari Andjarwati. 2020. “Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Pengguna JNE Express Di Surabaya Selatan ).” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi VII (1): 25–29.

Radito. 2014. “Analis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas.” Ilmu Manajemen 11 (2): 1–26.

Rizan, Mohamad, and Fajar Andika. 2011. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pelanggan Suzuki, Dealer Fatmawati, Jakarta Selatan).” Journal Riset Manajemen Sains Indonesia 2 (1): 104–16.

Rizqi, Reza Muhammad. 2022. “Pengaruh Tenaga Kerja, Modal Kerja, Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Nelayan Di Desa Labuhan Sumbawa.” Jurnal TAMBORA Volume 6 (Nomor 2): 89–94.

Salsabila, Aisyah, and Ali Maskur. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan Di Kota Semarang).” SEIKO : Journal of Management & Business 5 (1): 156–67.

Sari, Syskadiana. 2019. “Pengaruh Kelompok Referensi, Online Customer Review Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 45–80.

Setyani, Anggita Dian, and Rokh Eddy Prabowo. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas (Studi Di Toko Origial Sportcenter Cabang Medoho Semarang).” Procceding Sendiu, 42–53.

Suari, Made Tiya Yogi, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, and Ni Nyoman Yulianthini. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 6 (3): 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220.

Supangkat, Aditya Hangga, and Supriyatin. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6 (9): 1–19.

Tantowi, Bagus Fajar, and Saino. 2021. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga 9 (1): 1076–82.

Widiyasti, Baiq Dinna, Stevany Hanalyna Dethan, and Aryan Agus Pratama. 2021. “Analisis Perbandingan Motivasi Konsumen Tas Branded Tiruan Dengan Tas Branded Original Second.” Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan 3 (2): 79–88.

Widiyasti, Baiq Dinna, and Zahrah. 2022. “Pengaruh Tarif Premi Dan Produk Terhadap Minat Beli Di Kota Mataram” 14 (3): 580–89.

Published

08/03/2024

How to Cite

Rangga, Baiq Dinna Widiyasti, & Stevany Hanalynan Dethan. (2024). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 12(2), 7–13. https://doi.org/10.53952/jir.v12i2.583