ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK LIPSTIK WARDAH PADA MAHASISWI STIE AMM MATARAM

https://doi.org/10.53952/jir.v9i1.301

Authors

  • H.Khaerul Hadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram, NTB, Indonesia
  • Zakiaten Yatmi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram, NTB, Indonesia

Keywords:

Merek, Harga, Kualitas Produk, Desain Produk, Kepuasan konsumen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel merek, harga, kualitas produk, desain produk secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen produk lipstik Wardah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM (STIE AMM) Mataram, serta untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh dominan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswi STIE AMM Mataram yang menggunakan lipstik Wardah Jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 orang, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis regresi linier berganda di peroleh formula Y= 0,020+0,383X1+0,074X2+0,284X3+0,214X4+e. Berdasarkan uji hipotesis bahwa secara simultan keempat indikator variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk lipstik Wardah. Secara parsial, merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk lipstik Wardah, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 2,600 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,014. Sedangkan variabel harga, kualitas produk dan desain produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen terhadap produk lipstik Wardah, hasil dominan dengan melihat standar beta sebesar 0,399. Dan menunjukan bahwa hasil dari koefisien Determinasi linier berganda (R2) sebesar 0,492 atau sebesar 49,2%. Hal ini berarti bahwa derajat pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel (Y) adalah sebesar 49,2%. Faktor lain sebesar 50,8% di pengaruhi oleh faktor lain seperti faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor pisikologi.

 

Kata Kunci : Merek, Harga, Kualitas Produk, Desain Produk, Kepuasan konsumen.

ABSTRACT

The purpose of the judgment that is carried out is to gain knowledge about the procedure for carrying out the procedural law process in court regarding simple lawsuits in the event of a claim for rights, and also to find out what legal remedies can be made against the judge's decision. Because it examines regulations, this type of research is Normative Juridical Research, Normative Juridical Studies relating to statute opproach studies and conceptual studies from the opinions of several legal experts, especially regarding simple lawsuits. There are two kinds of laws and regulations and recommended legal concepts in normative legal research, including using a statutory approach (statute opproach) and a conceptual approach (conceptual opproach). The legal materials used are literature legal materials, namely primary law (UU), secondary legal materials (books) and tertiary legal materials (legal dictionaries and also the internet). From the results of the study, it can be concluded that in carrying out a simple lawsuit it is used in simple ways such as the verdict period of only 25 days, the value of the lawsuit cannot be more than 500.000.000, - million, the judge who is judging is a single judge. Then the legal remedies that can be made in a simple lawsuit do not recognize the name Bnading and Cassation or Review (PK), but can be done by objecting to the judge's decision to the same court, then it will be tried by the Panel of Judges and as the chairman is a senior judge appointed by the head of the court.

Keywords: Procedure, Legal Effort, PERMA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basu Swastha dan Hani. 2004. Manajemen Pemasaran : Analisa Prilaku Konsumen. Edisi kelima, Yogyakarta. Penerbit Liberty

Endar Sugiarto. 2005. Korespondensi Bisnis. Gayamedia. Yogyakarta

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta. Bandung

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro

Kotler dan Amstrong, 2007. Marketing An Intoduction (Eight Edition) New Jersey : Prentice Hall

M. Taufik Amir. 2005. Dinamika Pemasaran Jelajahi & Rasakan!. Edisi Pertama: Jakarta: Rajagrafindo Persada

Riduwan. 2014. Metode & Tehnik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Sambiring , R.K. 2003. Analisi Regresi. Bandung : Penerbit ITB

Schiffman dan Knuk. 2009. Marketing. Media Pressindo. Yogyakarta

Sofian Assauri, 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta

Umar, Husain. 2002. Strategic Management In Action. Grendmedia Pustaka Utama. Yogyakarta

Tjiptono, 2005. Atribut Produk, Bayu Media, Malang

Published

01/29/2021 — Updated on 01/31/2021

Versions

How to Cite

H.Khaerul Hadi, & Zakiaten Yatmi. (2021). ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK LIPSTIK WARDAH PADA MAHASISWI STIE AMM MATARAM. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 9(1), 64–75. https://doi.org/10.53952/jir.v9i1.301 (Original work published January 29, 2021)