PROSPEK DAN STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI JAJAN BANTAL GAPUK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.289

Authors

  • Rauhul Aini, & Muhammad Anwar Fakultas Pertanian, Universitas Gunung Rinjani

Keywords:

Strategi Pemasaran, Jajan Bantal, SWOT, dan Lombok Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Prospek dan Strategi Pemasaran Agroindustri Jajan Bantal Gapuk Kabupaten Lombok Timur”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive sampling, yaitu Desa Gapuk merupakan pusat produksi dan tempat penjualan jajan bantal di Kabupaten Lombok Timur.

Analisis data menggunakan SWOT, yaitu identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumusakan strategi pelayanan. Analisis ini berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan, peluang dan secara bersamaan dapat meminimalkan kekurangan dan ancaman. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal (EFAS) dan faktor internal (IFAS).

Dari analisis faktor internal dan eksternal diperoleh kesimpulan, bahwa posisi agroindustri Jajan Bantal Gapuk berdasarkan matriks IE berada pada sel V pertumbuhan dan stabilitas yang berarti posisi agroindustri jajan bantal berada pada posisi seimbang. Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam  memasarkan agroindustri jajan bantal gapuk adalah Menciptakan variasi baru produk, Melakukakan promosi dengan memanfaatkan perkembangann dunia internet, Memperluas jaringan pasar, Merger dengan usaha yang sejenis, Efisiensi biaya, meningkatkan modal usaha dengan ketersediaan bahan baku, menambah jumlah produksi dengan memanfaatkan lokasi  yang strategis pada saat musim liburan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

07/30/2020 — Updated on 07/30/2020

Versions

How to Cite

Rauhul Aini, & Muhammad Anwar. (2020). PROSPEK DAN STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI JAJAN BANTAL GAPUK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2), 92–103. https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.289