Strategi Pemasaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

https://doi.org/10.53952/jir.v12i1.558

Authors

  • Mohammad Subhan Universitas Gunung Rinjani
  • Sujilia Ardini Penyuluh Perikanan Bantu. Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BRSDM)

Keywords:

strategi pemasaran; ikan nila; aikmel;lombok timur

Abstract

This research aims to determine: 1) marketing channels for Tilapia (oreochromis niloticus), 2) marketing strategies for Tilapia (oreochromis niloticus).  Market problems are one of the main problems faced by Tilapia (Oreochromis Niloticus) fish farmers in Aikmel District, East Lombok Regency. This market access problem has an impact on the sustainability of the Tilapia (Oreochromis Niloticus) fish farming business carried out by the community. Tilapia (Oreochromis Niloticus), is one of the freshwater aquaculture commodities which has quite important economic value. Efficient fish marketing occurs if the marketing channel includes producers (fish farmers)-collectors-consumers, because it can shorten marketing channels and reduce operational costs.  Marketing of Tilapia (Oreochromis Niloticus) fish in Aikmel District, East Lombok Regency can be carried out using several strategies, namely: 1) SO Strategy: Maximizing the potential of land and POKDAKAN by providing training activities and program outreach to POKDAKAN, 2) ST Strategy: Improving the quality of human resources and POKDAKAN in managing the Tilapia (Oreochromis Niloticus) fish cultivation business, 3) WT Strategy: Maximizing production technology training activities, market management to maximize the use of Tilapia (Oreochromis Niloticus) cultivation land, and 4) WO Strategy: Maximizing the role of Trading Businesses to achieve marketing stability Tilapia fish (Oreochromis Niloticus).

Keywords: marketing strategy; tilapia; aikmel; east lombok

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) saluran pemasaran ikan Nila (oreochromis niloticus), 2) strategi pemasaran Ikan Nila (oreochromis niloticus).  Permasalahan pasar menjadi salah satu permasalahan utama yang yang dihadapi oleh pembudidaya ikan Nila (oreochromis niloticus) di Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur.  Permasalahan akses pasar ini berdampak kepada keberlanjutan usaha budiaya ikan Nila (oreochromis niloticus) yang dilakukan oleh masyarakat.  Ikan nila (oreochromis niloticus) atau disebut Tilapia, merupakan salah satu komoditi perikanan budidaya air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang cukup penting. Pemasaran ikan yang efisien terjadi apabila saluran pemasaran meliputi Produsen (Pembudidaya ikan)-Pengepul-Konsumen, karena dapat mempersingkat saluran pemasaran dan menekan biaya operasional.  Pemasaran ikan Nila (oreochromis niloticus) di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur dapat dilakukan dengan beberapa strategi yaitu: 1) Strattegi SO: Memaksimalkan potensi lahan dan POKDAKAN dengan memberikan kegiatan pelatihan dan sosialisasi program kepada POKDAKAN, 2) Strategi ST: Meningkatkan kualitas SDM dan POKDAKAN dalam pengelolaan usaha budidaya ikan Nila (oreochromis niloticus), 3) Strategi WT: Memaksimalkan kegiatan pelatihan teknologi produksi, manajeman pasar untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan budidaya ikan Nila (oreochromis niloticus), dan 4) Strategi WO: Memaksimalkan peran Usaha Dagang untuk mencapai stabilitas pemasaran ikan Nila (oreochromis niloticus).

Kata Kunci:  strategi pemasaran; ikan nila; aikmel;lombok timur 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Meliza. (2022). Pelatihan Pengemasan Produk sebagai Strategi Pemasaran Ikan Nila Desa Degayu Pekalongan Utara. Jurnal Abdi Panca Marga, 51-54

Hadie L Emmawati, Kusnendar, E, Priono, B, Dewi R.R.S.P.S, Hadie W. (2018). Strategi dan Kebijakan Produksi pada Budidaya Ikan Nila Berdaya Saing. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, 75-85

Sibagariang D,I.S, Ismi E.P, Saidah, Ayu H. (2020). Pola Pertumbuhan Ikan Nila (oreochromis niloticus) Hasil Budidaya di Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa. Jurnal Jeumpa. 443-449.

Syafriani, Viora D, Astuti. (2020). Pengembangan USaha Ikan Nila di Desa Merangin Kecamatan kampar Riau. Jurnal Terapan Abdimas, 71-74

Siby J Leneox, Sondakh S.J, Durand S.S, JArdie A Andaki, Djuwita R.R Aling, Grace O Tambani. (2023). Analisis Finansial Usaha Pemasaran Ikan Nila di Desa Warukapas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Akulturasi; Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 127-137

Satria A.P dan Musnaini. (2022). Efisiensi Pemasaran Ikan Nila (oreochromis niloticus) Keramba Jaring Apung Sungai Batanghari Kabupaten Muaro jambi. Jurnal manajemen Terapan dan Keuangan (Menjeu). 554-568.

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Mashuri dan Nurjannah D. (2020). Analsis SWOT sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 97-112

Ardini Sujilia. (2023). Profil POKDAKAN Harapan Bersama Desa Aikmel Barat, Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Buku Profil. Balai Besar Riset budidaya laut dan penyuluhan Perikanan Gondol. Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan. Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan. Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Subhan, (2021). Strategi Pemasaran garam di Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat

Aulia Gilang, Euis Dasipah, Nendah S.P. (2022). Pengaruh Dinamika dan Kemandirian Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) terhadap Keberhasilan Usaha Budidaya Ikan Nila (oreochromis niloticus) (Suatu Kasus di Sukabumi). Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwasasan Agribisnis Mimbar Agri Bisnis. 912-919.

Ratnasari A, Ramadhani E.P, Tien L. (2021) Kelayakan Usaha Budidaya Ikan Nila (oreochromis niloticus) di Desa Cibanur Kabupaten Sumedang: Sebuah Keberlanjutan. Jurnal Sosisal Ekonomi Pertanian (JSEP). 281-298.

Kusumanti I, Amalia P.F, Dian E.R, Cecilia E.I. (2023). Sosialisasi Potensi Bisnis Ikan Nila (oreochromis niloticus) di Desa Nagrak, Kabupaten Cisaat, Sukabumi. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Agrokreatif. 154-163

Ulfa, A.N, Umi Barokah, Darsono, Rhina U.F, Joko Sutrisno, Suprapti S. (2020). Peningkatan Kapasistas Usaha Mina Mandiri melalui Pelatihan Pemasaran Produk Olahan Ikan. Journal of Community Empowering and Science Prima. 1-6.

Dinas Kelautan dan Perikanan. (2020). Statistik Perikanan Kabupaten Lombok Timur Tahun 2019. Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Timur. Selong

Published

01/26/2024

How to Cite

Subhan, M., & Sujilia Ardini. (2024). Strategi Pemasaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 12(1), 72–79. https://doi.org/10.53952/jir.v12i1.558