PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA SEMESTER 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP-UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI

https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.398

Authors

  • Zaenul Fikri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gunung Rinjani
  • Sulaiman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gunung Rinjani
  • Ahmad Busyairi univ.gunungrinjani

Keywords:

Cooperative Learning, Role Play, Keaktifan Belajar, Speaking

Abstract

Based on the results of observations made by researchers on semester 1 students of the Study Program. FKIP- UGR English Education on September 15, 2021, it was found that the main problem for students is the lack of student activity in the learning process which is characterized by low ability to ask questions, answer, discuss, and collaborate with other students. In addition, the problem of students in the Intensive Listening and Speaking course is that students' speaking skills are still low. This is in line with what was found by researchers at schools that are partners in the lecturer partnership program with schools, namely the lack of student activity in the learning process and the low speaking ability of students among the four skills in English subjects. From the problems above, a strategy is needed that can increase the activeness and speaking ability of students in the Intensive Listening and Speaking course, namely the application of cooperative learning models with role play techniques. So the purpose of this research is to increase the activeness and speaking ability of semester 1 students of study program. English Education FKIP-UGR.

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada mahasiswa semester 1 Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UGR pada tanggal 15 September 2021 didapatkan bahwa permasalahan utama pada mahasiswa adalah kurangnya keaktifan mahasiswa pada proses pembelajaran yang ditandai dengan rendahnya kemampuan bertanya, menjawab, berdiskusi, dan bekerjama sama dengan mahasiswa lainnya. Selain itu permasalahan mahasiswa pada mata kuliah Intensive Listening and Speaking adalah masih rendahnya kemampuan keterampilan Speaking mahasiswa. Hal ini sejalan dengan apa yang ditemukan oleh peneliti di sekolah yang dijadikan mitra dalam program kemitraan dosen dengan sekolah yakni masih kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya kemampuan speaking siswa diantara keemapat skill yang ada dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.

Dari permasalahan di atas diperlukan sebuah strategi yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan speaking mahasiswa pada mata kuliah Intensive Listening and Speaking yakni penerapan model cooperative learning dengan teknik role play. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan speakingmahasiswasemester 1 Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UGR.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi.2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Brown, H. D. 2004. Teaching by Principles: an Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman.Inc.

Hamdi, Muhammad Mustafid, 2019. Konsep Pembelajaran Guru Yang Bermutu.INTIZAM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 3, Nomor 1, Oktober 2019. ISSN: 2622-6161 (Online) 2598-8514 (Print)

Melati, H.A, Junanto Tulus, Lestari Ira. Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitapembelajaran English For Chemistry I. 2014. Diunduh dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=375767&val=7723&title=LESSON%20STUDY%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KUALITAS%20PEMBELAJARAN%20ENGLISH%20FOR%20CHEMISTRY%20I

Nunan, D. 1989. Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge:Cambridge University Press.

Nurdyansyah & Fahyuni, Eni Fariyatul, 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Utami, Indah Hari & Hasanah, Uswatun. 2020.Kompetensi Profesional Guru dalam PenerapanPembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 YOGYAKARTA.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Di akses dihttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/6232/3809

Yulianto, Aris, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII A MTs Sunan Kalijogo Kota Malang. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 2016. Malang: Universitas Negeri Malang.

Published

01/30/2022

How to Cite

Zaenul Fikri, Sulaiman, & Busyairi, A. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA SEMESTER 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP-UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 174–182. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.398