UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 1 SAKRA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE

https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.397

Authors

  • MUHAMMAD NASIR SMA NEGERI 1 SAKRA

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write Komunikasi Matematis

Abstract

The purpose of this study is to improve the mathematical communication skills of Class XII MIPA students of SMA Negeri 1 Sakra through cooperative learning of Think Talk Write (TTW) type and teachers are able to apply Think Talk Write (TTW) Cooperative Learning in Teaching and Learning Activities (KBM). This

research is a classroom action research (classroom action research). Action research in the field of education carried out in the classroom area with the aim of improving and improving the quality of learning. This CAR is carried out in 2 cycles. Based on the results of tests, observations and data analysis as well as discussions in the study, the results obtained: 1) The average value of the test in the first cycle is 58.64 and the second cycle is 68.75. The percentage of class completeness in the first cycle was 27.78% and the second cycle was 62.50%. This shows that students' written mathematical communication skills have increased but have not yet reached the specified indicators. 2) The total average score of students' verbal mathematical communication skills in the first cycle was 2.43 with a good enough category and 2.98 in the second cycle with a good category. This shows that students' verbal mathematical communication skills have increased and have reached the specified indicators. 3) The total average score of the results of KBM observations in the first cycle is 2.70 in the good category and the second cycle is 3.15 in the good category. This shows that the teacher's ability to implement think talk write (TTW) cooperative learning has increased and has reached the specified indicators. 4) Think Talk Write (TTW) cooperative learning is able to improve students' mathematical communication skills but the increase is not optimal.

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sakra melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan Guru Mampu  menerapkan  Pembelajaran  Kooperatif  Tipe  Think  Talk  Write (TTW) dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil tes, observasi dan analisis data serta pembahasan dalam penelitian diperoleh hasil:

  1. Nilai rata-rata tes pada siklus I sebesar 58,64 dan siklus II sebesar 68,75. Persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 27,78% dan siklus II sebesar 62,50%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis mengalami peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan.
  2. Skor rata-rata total kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan pada siklus I sebesar 2,43 dengan kategori cukup baik dan siklus II sebesar 2,98 dengan kategori ba Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis  siswa  secara  lisan  mengalami  peningkatan  dan sudah mencapai indikator yang ditentukan.
  3. Skor rata-rata total hasil pengamatan KBM pada siklus I  sebesar 2,70 dengan kategori baik dan siklus II sebesar 3,15 dengan kategori ba Hal ini    menunjukkan    bahwa    kemampuan    guru    dalam    menerapkan pembelajaran   kooperatif   tipe   think   talk   write   (TTW)   mengalami peningkatan dan sudah mencapai indikator yang ditentukan.

Pembelajaran   kooperatif   tipe   Think   Talk   Write   (TTW)   mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa namun peningkatannya belum optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard I. 2008. Learnig To Teach: Belajar Untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Cetakan kedelapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi, Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Anggota IKAPI: Ghalia Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24. Jakarta: Depdiknas.

Effendy, Onong Uchjana. 1984. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung: Remadja Karya Offset.

Gunawan, Ridwan Panji. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis. http://proposalmatematika23.blogspot.com/2013/02/kemampuan- komunikasi-matematis.html (di akses tanggal 21 September 2020)

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Isrok’atun. 2009. Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Pendidikan Dasar. Nomor 12 Oktober

http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_12

-Oktober_2009/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_STRAT EGI_KOOPERATIF_TIPE_STUDENT_TEAMS_ACHIEVEMENT_DIV ISIONS_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI

_MATEMATIK_SISWA.pdf (di akses 16 September 2020)

Juandi, Dadang. 2008. Pembuktian, Penalaran, dan Komunikasi Matematik. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/1964

Kariani, Ribka. 2013. Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Sikap Positif Siswa Terhadap Matematika. Tesis. Medan: Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Master-29635-

%20Bab%20V.pdf. Diakses pada 22 Januari 2015.

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Moekijat. 1993. Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju

Muslich, Masnur. 2013. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Nugroho, Prasetya Adhi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. http://eprints.uny.ac.id/2119/1/SKRIPSI_nyong.pdf. (dikases 6 Sepetember 2020)

Purbayanti, Endang. 2007. Strategi Mengaktualisasikan Kecakapan Siswa Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Denan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi tidak dipublikasikan. Madiun: Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Qohar, Aqr. 2006. Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. Lomba dan Seminar Matematika XIX. http://eprints.uny.ac.id/6968/1/Makalah%20Peserta%204%20-

%20Abd.%20Qohar2.pdf. (di akses tanggal 22 September 2020)

Robbins, Stephen P.; Judge, Timothy A. 2008. Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sari, Tri Novita. 2011. Upaya Meningkatkan Aktifitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Skripsi tidak dipublikasikan. Madiun: Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Slavin, Robert E. 2013. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik.

Bandung: Nusa Media.

Suhaedi, Dedi. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 10 November 2012. http://eprints.uny.ac.id/7593/1/P%20-

%2020.pdf (di akses 22 September 2020)

Sumarmo, Utari. 2006. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah. Artikel FPMIPA UPI, Desember 2006. https://www.academia.edu/4609768/Sumarmo_Pembelajaran_Keterampila n_Membaca_Matematika_pada_Siswa_Sekolah_Menengah (Di Akses September 2020)

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Paraton.

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=133689&val=5628&t itle= (diakses 29 September 2020)

Wahyuni, Anik Puji. 2014. Pengaruh Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VII SMP. Skripsi tidak dipublikasikan. Madiun : Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

Yamin, Martinis & Bansu I. Ansari. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan

Individual Siswa. Jakarta: Referensi.

Yulita, Elsi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pembelajaran MIPA. Volume 1 Nomor 1. (dalam http://ojs.stainbatusangkar.ac.id/index.php/edusainstika/article/viewFile/24

/240). Diakses pada 22 September 2020.

Published

01/30/2022

How to Cite

MUHAMMAD NASIR. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 1 SAKRA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 130–145. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.397