Inovasi Manajemen Pendidikan di Madrasah: Studi Kasus Implementasi Program Penguatan Moderasi Beragama
Keywords:
Inovasi Manajemen Pendidikan, Madrasah, Moderasi BeragamaAbstract
Implementasi program penguatan moderasi beragama di madrasah menjadi agenda penting yang membutuhkan pendekatan inovatif dalam manajemen pendidikan. Inovasi ini melibatkan berbagai aspek, seperti kurikulum, metode pembelajaran, pelatihan guru, hingga keterlibatan masyarakat. Program ini bertujuan untuk mengembangkan sikap toleransi dan pemahaman agama yang moderat di kalangan siswa, guna mempersiapkan mereka untuk hidup berdampingan dalam masyarakat yang pluralistik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen di beberapa madrasah yang telah mengimplementasikan program moderasi beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun program ini telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moderasi beragama, terdapat tantangan dalam hal resistensi dari sebagian pihak serta keterbatasan sumber daya. Implementasi program yang lebih efektif memerlukan dukungan penuh dari guru, orang tua, dan masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pelatihan bagi guru, memperkuat kolaborasi antara madrasah dan komunitas, serta memperluas penerapan teknologi dalam pendidikan agama Islam untuk mencapai tujuan moderasi beragama yang lebih inklusif.
Downloads
References
Abu Bakar, F. (2020). Manajemen pendidikan di era digital: Tantangan dan peluang bagi madrasah. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Islam.
A Ismunandar, integrasi interkoneksi profesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter, Ta'lim 4 (Universitas muhammadiyah Lampung), 34-49.
A Kurnia, Peningkatan Kemampuan Pendidik Di Era Society 5.0, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6 (2), 388-397.
Ali, H. (2021). Kolaborasi sekolah dan komunitas dalam mewujudkan pendidikan berbasis moderasi beragama. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (3).
AP Rini, Implikasi era revolusi industry 4.0 terhadap pengembangan kemampuan sumber daya manusia di perguruan tinggi, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (2), 4831-4837
Asari, A., Arifin, A. H., Lubis, M. A., Ismunandar, A., Ashari, A., Agniya, U., Ayunda, W. A., & Pramudyo, G. N. 2023. Manajemen E-Resource. Mafy Media Literasi Indonesia.
H. Hasan, A.. Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Al Qiyam, Vol 3 (2), 214-222, 2022. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i2.285.
Ismunandar, A. "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. 2020. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.
Ismunandar, A. "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. 2022. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Pedoman moderasi beragama. Jakarta: Kementerian Agama.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, M. (2018). Manajemen pendidikan di madrasah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nazara, D. S., Se, M. M., Casriyanti, S. P., Fauzi, H., Trianto, E., Arif Ismunandar, M. M., Raule, J. H., Kes, S. K. M. M., Syamsuddin, A. R., & Jamil, I. M. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia” Teoritis Dan Praktis”. Cv. Mitra Cendekia Media
Rahmawati, S. (2023). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 12 (1).
Suryanto, D. (2020). Pengembangan karakter siswa dalam madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
W Dalail, dkk. Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik melalui Kualifikasi Akademik pada Lembaga Pendidikan, jurnal Promis 5 (1), 46-53
Yusuf, M. (2022). Peran guru dalam mengimplementasikan nilai moderasi beragama di sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10 (2).
Zainuddin, A. (2021). Moderasi beragama sebagai paradigma pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1).