ANALISIS EFISIENSI, EFEKTIVITAS DAN RESPONSIVITAS PROGRAM FAMILY DEVELOPMENT SEASSION PROGRAM KELUARGA HARAPAN (FDS-PKH) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

EVALUASI PROGRAM FDS

Authors

  • MURAH Universitas Gunung Rinjani

Keywords:

efisiensi, efektivitas, responsivitas, Familly Development Session, PKH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat efisiensi, efektivitas dan responsivitas  pelaksanaan program Family Development Session Program Keluarga Harapan (FDS-PKH), di Kabupaten Lombok Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar yang ikut pembelajaran Familly Development Session yang berjumlah 29.284 orang yang sudah tuntas menyelesaikan pembelajaran FDS modul 1 Pendidikan dan Pengasuhan Anak. Variabel dalam penelitian adalah; 1). efisiensi, 2) efektifitas, dan 3) responsivitas. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase efisiensi program Familly Development Session yaitu 84,50% berada pada kategori sangat baik. (2) Persentase efektivitas program Familly Development Session yaitu 86,14% berada pada kategori sangat baik. (3) Persentase responsivitas Familly Development Session yaitu 84,25% berada pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

07/30/2020 — Updated on 07/30/2020

Versions

Most read articles by the same author(s)