DAMPAK PASAR MODERN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN LOMBOK BARAT (Studi Kasus Pasar Gerung Kabupaten Lombok Barat)

https://doi.org/10.53952/jir.v13i2.621

Authors

  • Hindun Suraida Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mataram
  • Nasruddin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mataram
  • Iswan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mataram

Keywords:

Dampak Pasar Modern, Pendapatan Pedagang Pasar Tradisioal.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Gerung Kabupaten Lombok Barat akibat keberadaan pasar modern disekitar pasar tradisional tersebut. Berkembangnya teknologi saat ini membawa banyak perubahan, terutama kebutuhan masyarakat umumnya. Maka muncul berbagai fasilitas perbelanjaan seperti pasar yang menyediakan kebutuhan masyarakat dan bertemunya penjual dan pembeli, tawar menawar, harga barang yang relatif murah, barang yang diperjual belikan lebih lengkap. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, maka dilakukan pendekatan penelitian kualitatif dimana peneliti sebagai instrumen kunci berperan mencari untuk menemukan fakta di lapangan mengenai dampak keberadaan pasar modern terhadap pendapatan pedagang tradisional di Pasar Gerung Lombok Barat. Untuk menemukan hasilnya maka peneliti melakukan tehnik pengumpulan data berupa Observasi (mengumpulkan data melalui pengamatan langsung di lapangan untuk memperoleh bukti yang valid) dan Wawancara terstruktur kepada 5 (lima) orang pedagang tradisional yang dipilih sebagai informan dengan penyiapkan pedoman wawancara agar terarah dengan baik, kemudian dilakukan analisa mencakup 3 (tiga) hal yaitu mereduksi data (hasil observasi dan wawancara diklarifikasi agar tercapai konsistensi, kajian konseptual (merangkum masalah yang diperoleh kemudian dianalisis melalui teori yang dikhususkan mengenai masalah pendapatan pedagang kecil karena keberadaan pasar modern), langkah terakhir memberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan pasar modern di sekitar Pasar Tradisional Gerung berdampak kurangnya pembeli dan berakibat menurunnya pendapatan pedagang tradisional di pasar Gerung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Maha Putra dan Zul Asri. (2021). Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Payakumbuh 2000-2020. Kronologi, 3(4).

Ahmadi, Lukman. (2019). Pengaruh Bauran Ritel (Barang Dagangan, Harga, Promosi, Pelayanan Dan Fasilitas Fisik) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengunjung Mr D.I.Y Di Mall Suncity Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3), 571-578.

Aliyah, Istijabatul. 2020. Pasar Tradisional: Kebertahanan Pasar Dalam Kontelasi Kota. Medan: Yayasan Kita Menulis

Aryanto, M. Fitra, Hadi Sumarsono, F. R. (2019). The Analysis of Market Retribution toward Local Income in Malang. 64, 239–248.

Budiono, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. 17(02), 1–15.

Danil Mahyu. Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen. Journal konomika Universitas Almuslim Bireuen Aceh, Vol. IV No. 7: 9.

Dinar, Muhammad, dan Hasan, Muhammad. 2018. Pengantar ekonomi :teori dan aplikasi. CV. Nur Lina.

Irawanti, G. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Toko Dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Kelontong “Anda”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit, 9(1), Januari 2024.

Jiang, B., Lan, S., Wilt, K., Ni, J., Yadav, R. N., Ghosh, A., … Langen, H. H. (2018). Dampak Kehadiran Minimarket Terhadap Pendapatan Pedagang Eceran & Grosir Di Desa Hessa Air Genting Kec.Air Batu Kab.Asahan. International Journal of Machine Tools and Manufacture. https://doi.org/10.1016/j.ijmachtools.2009.09.004

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama Cetakan Kelima Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Mulyadi. (2010). Sistem Akuntansi. Edisi ke-3 Cetakan ke-5.Penerbit Salemba empat.

Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2022 tentang Penataan, Pembinaan, dan Pengembangan Pasar Lelang Komoditas.

Pramudiana Devy Ika. (2017). Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern. Vol. 1 No. 1.

Purnama Angga Pradipta Rosy . (2014). Analisis Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Lama Usaha, dan Teknologi Proses Produksi terhadap Produksi Kerajinan Kendang Jimbe di Kota Blitar,(Malang: Universitas Brawijaya). jurnal ilmiah.

Setiawan, M. (2019). Ekonomi Industri: Pendekatan Modern. Unpad Press.

Sinaga. Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Jakarta: Kementrian Koperasi dan UKM; 2008.

Soekartawi. (2012). Faktor-faktor Produksi. Jakarta: Salemba Empat.

Soemarso S.R. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Lima. Jakarta: Salemba Empat.

Published

07/13/2025

How to Cite

Hindun Suraida, Nasruddin, & Iswan. (2025). DAMPAK PASAR MODERN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN LOMBOK BARAT (Studi Kasus Pasar Gerung Kabupaten Lombok Barat). Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 13(2), 8–18. https://doi.org/10.53952/jir.v13i2.621

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.