Prespektif Hukum dan Sosial terhadap kohabitas (samenleven)

https://doi.org/10.53952/jir.v12i2.582

Authors

Keywords:

Kebijakan, Kriminalisasi, Kumpul Kebo, Pembangunan Hukum Pidana.

Abstract

Perbuatan kumpul kebo yang menyimpang dari sosial Masyarakat, sering menuai berbagai respon negative. Hal tersebut perlu dikategorikan sebagai tindak pidana melalui kebijakan kriminalisasi. RUU-KUHP telah merancang perbuatan ini sebagai tindal pidana kesusilaan, akan tetapi hal tersebut perlu secara cepat untuk disahkan serta pada perancangan tersebut supaya lebih bijak agar tidak Kembali dampaknya bagi Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbuatan kumpul kebo terhadap Masyarakat serta adanaya perubahan kebijakan Undang-Undang hukum hukum pidana dan Undang-undang Hukum Pidana yang segara disahkan terkait perbuatan kumpul kebo ini. Penelitian ini berjenis penelitian hukum normative dengan pendekatan konseptual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, yakni mempelajari adanya bahan hukum primer dan sekunder. Analisis digunakan dalam penelitian ini adalah preskriptif, untuk mengetahui apa yang sepatutnya dilakukan untuk menjawab permasalahan hukum yang diangkat dalam penulisan ini. Hasil dari penelitian ini yaitu kriminalisasi terhadap perbuatan kumpul kebo yang perlu mempertimbangkan aspek-aspek sosial Masyarakat serta adanya perubahan kebijakan Undang-Undang terkait tindak pidana perzinaan atau asusila (Kumpul Kebo).

Downloads

Download data is not yet available.

References

“151783-ID-Kebijakan-Kriminalisasi-Kumpul-Kebo-Dala,” n.d.

Amelia Fathia, Rizky. “Tinjauan Yuridis Terhadap Perilaku Kumpul Kebo (Samen Leven) Menurut RUU KUHP.” Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi 3, no. 2 (July 7, 2021): 128–38. https://doi.org/10.46799/jequi.v3i2.46.

Arif, M. Yasin Al. “Penegakan Hukum Dalam Perspektif Hukum Progresif.” Undang: Jurnal Hukum 2, no. 1 (October 28, 2019): 169–92. https://doi.org/10.22437/ujh.2.1.169-192.

Danardana, A, and Patria Setyawan. “KRIMINALISASI FENOMENA PENYIMPANGAN SOSIAL KUMPUL KEBO (SAMENLAVEN) DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA,” n.d.

Gst, I, Ag Gd, Krisna Dwipayana, and A A Ngurah Wirasila. “PENGATURAN TERHADAP PERBUATAN KUMPUL KEBO (KOHABITASI) DALAM PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA INDONESIA.” Jurnal Kertha Desa. Vol. 8, n.d.

Pahrur, Oleh, Rizal Sekolah, Tinggi Agama, Hindu Negeri Gde, and Pudja Mataram. “Open Journal Systems DASAR KRIMINALISASI KUMPUL KEBO DALAM PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA INDONESIA.” Agustus 15, no. 1 (2020). http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/.

Rahmawati, Theadora, Umi Supraptiningsih, and M Hum. “PENGANTAR ILMU HUKUM DAN PENGANTAR HUKUM INDONESIA,” n.d.

Published

07/31/2024

How to Cite

Maulana, H., & Moh Hatta. (2024). Prespektif Hukum dan Sosial terhadap kohabitas (samenleven). Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 12(2), 1–6. https://doi.org/10.53952/jir.v12i2.582