PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DI LINGKUNGAN RUMAH BAGI PESERTA DIDIK KELAS IB SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 LOMBOK TIMUR

Authors

  • Baiq Juniati SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 LOMBOK TIMUR

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Media Permainan, Hambatan Pendengaran.

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang kegiatan yang dilakukan di lingkungan rumah dengan menggunakan media permaianan ular tangga bagi peserta didik dengan hambatan pendengaran kelas 1B di SLB Negeri 2 Lombok Timur. Penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai referensi bagi pendidik atau peneliti selanjutnya dalam menghadapi masalah di dalam kelas terutama bagi pendidik di kelas 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan  Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang merupakan suatu upaya untuk mencermati kegiatan belajar sekelompok peserta didik dengan memberikan sebuah tindakan (treatment)  yang sengaja dimunculkan. Dalam penelitian ini, tindakan yang dimaksudkan ialah tindakan yang dilaksanakan oleh peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran bahasa menggunakan pendekatan komununikatif dibawah bimbingan dan arahan dari guru atau peneliti, namun dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut diperlukan adanya monitoring yang dilakukan oleh ahli yang dalam hal ini ialah teman sejawat atau guru senior.

          Pada siklus I bahwa hanya ada satu peserta didik yang perolehan nilai mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu nilai 70, sedangkan 3 peserta didik lain masih berada di bawah nilai KKM dimana 2 peserta didik dengan nilai 40 dan seorang lainnya memperoleh nilai 50. Hasil tersebut masih jauh dari pencapaian keberhasilan pelaksanaan penelitian dengan materi kegiatan di sekitar lingkungan rumah yang direncanakan oleh peneliti, oleh karena itu perlu adanya analisis permasalahan yang mempengaruhi pencapaian tersebut.

Pada siklus II, perolehan nilai evaluasi kegiatan pembelajaran pada siklus II, dapat dilihat adanya peningkatan pada nilai peserta didik. salah seorang peserta didik memperoleh nilai 100 dan 3 orang peserta didik memperoleh nilai 70.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya media.

Arsyad, Azhari. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Block, James H. dkk. (1971). Mastery Learning: Theory and Practice. United States Of America: Holt, Rineheart and Winston Inc.

Hallahan, Daniel P., James M.Kauffman, dan Paige C.Pullen. 2009. Exceptional Learners : an introduction to special education. Boston: Pearson.

Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardhani, Aprilia Wahyu. (2017). pengembangan media pembelajaan permainan ular tangga akuntansi untuk meningkatkan motivasi belajar kompetensi mengelola kartu piutang kelas XI keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun ajaran 2016/2017. yogyakarta. program studi pendidikan akuntansi Jurusan pendidikan akuntansi FE UNY.

Misbahuddin, dan Ikbal Hasan. (2013). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: bumi Aksara.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratnaningsih, Nafiah Nurul. (2014). Penggunaan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS kelas IIIA SDN Nogopuro, Sleman. Yogyakarta: Program Studi PGSD FIP UNY.

Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susetyo, Budi. (2012). Statistika untuk Analisis data penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Tarsidi, Didi. (t.t.). Belajat Tuntas (Mastery Learning)-Sejarah, Deskripsi dan Implikasi Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195106011979031-DIDI_TARSIDI/Makalah%26Artikel_Tarsidi_PLB/Belajar_Tuntas.pdf

Downloads

Published

2021-01-29