MENINGKATKAN MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE TYPE STAD BERBANTUAN CROSSWORLD PUZLLE PADA MATERI INTERAKSI ANTAR RUANG NEGARA-NEGARA ASIA DAN BENUA LAINNYA DI KELAS IX/A SMPN 5 MASBAGIK

Authors

  • rusmiatun Universitas Gunung Rinjani

Keywords:

STAD, Crossword Puzzel, Minat Belajar, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode type STAD berbantuan Crossworld Puzzle (Teka-Teki Silang) pada materi Interaksi Antar ruang negara-negara Asia dan Benua Lainnya dalam meningkatkan minat siswa kelas IX/A SMP Negeri 5 Masbagik.disamping itu juga Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode STAD berbantuan Crossworld Puzzle (Teka-Teki Silang) pada materi Interaksi ruang negara-negara Asia dan Benua Lainnya dalam meningkatkan aktivitas siswa kelas IX/A SMP Negeri 5 Masbagik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK dan sering disebut dengan CAR (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan desain tindakan model Kemmis & Mc Taggart. Model yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat komponen yang berupa untaian tersebut dipandang sebagai satu siklus. Pengertian siklus dalam hal ini adalah putaran kegiatan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Masbagik pada kelas IX/A Tahun Ajaran 2019/2020. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Juli-Desember 2019. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data hasil siklus I disimpulkan belum mencapai criteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan, sedangkan pada siklus II sudah mencapai criteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tipe STAD berbantuan Crossword Puzzel atau teka teki silang pada mata pelajaran IPS materi Interaksi antar ruang negara-negara Asia dan Benua lainnya dapat meningkatkan minat dan aktivitas siswa sebesar 90% setelah Tindakan dua siklus. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

http://kabar-pendidikan.blogspot.com/2011/03/hakikat-minat-belajar.html (diakses pada tanggal 20 Nopember 2020)

https://andrianifadly.wordpress.com/2012/01/13/hakikat-aktivitas/ (diakses pada tanggal 20 Nopember 2020)

https://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/student-team-achievement-division-stad_3721.html (diakses pada tanggal 20 Nopember 2020)

https://www.kajianpustaka.com/2014/06/pengertian-dan-jenis-aktivitas-belajar.html (diakses pada tanggal 20 Nopember 2020)

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Aktivitas Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Hanafiah, Nanang&CucuSuhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: RefikaAditama.

Sumber: www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.arminaperdana.blogspot.com, www.kmp-malang.com

Downloads

Published

2021-01-29