PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA TOPIK GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 2 SMAN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.246

Authors

  • MUKDIN

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, Aktivitas dan Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA 2 SMAN 1 Wanasaba tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Data aktivitas belajar peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes tulis setiap akhir siklus. Indikator motivasi belajar peserta didik dikatakan meningkat apabila skor aktivitas dalam kategori baik dan ada peningkatan skor aktivitas dalam setiap siklusnya. Sedangkan hasil belajar peserta didik dikatakan telah meningkat apabila rata-rata skor hasil evaluasi ≥ 75 dan ada peningkatan dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh skor aktivitas belajar rata-rata 13,84 (baik), dan hasil evaluasi rata-rata kelas 72,7, sedangkan pada siklus II, skor motivasi belajar rata-rata 16 ( baik.), dan hasil evaluasi rata-rata kelas 75,6. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada topik gelombang bunyi dan cahaya peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Wanasaba tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Model Pembelajaran PBL, Aktivitas dan Hasil Belajar.

This type of research is research conducted a class act that was implemented in 2 cycle, where the cycle 1 consists of 2 meetings, and cycle II consists of 2 meetings. Each cycle consists of the planning phase, the implementation of the action, observation, evaluation and reflection. The subject of this research is the students of class XII IPA 2 SMAN 1 Wanasaba years lessons 2016/2017 totalling 40 people. Learners learn activity data obtained through observation sheets, while learning outcomes learner data collected through each end of the test cycle. Indicators of learning motivation of the learners are said to be rising in a score in the category of good activity and there is increased activity score in each cycle. The results of the research on cycle I gained score learning activities an average of 13.84 (good), and the results of the evaluation of the average class 72.7, whereas in cycle II, learning motivation score an average of 16 (good), and the results of the evaluation of the average class 75.6. This result shows that the application of PBL learning model can improve the activity and outcomes studied physics on waves of sound and light topics learners class XII IPA 2 SMA Negeri 1 Wanasaba lesson 2016/2017 year.
Keywords: LBC Learning Model, the activity and results of the study.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

MUKDIN. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA TOPIK GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 2 SMAN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 67–80. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.246