UPAYA MENINGKATKAN PRILAKU DISIPLIN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.244

Authors

  • LALU ZAENUL HAMDI

Keywords:

Prilaku disiplin, Bimbingan Kelompok

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, jenis penelitian yang merupakan studi sistematis yang dilakukan dalam upaya memperbaiki praktik-praktik dalam pendidikan dengan melakukan tindakan praktis serta refleksi dari tindakan tersebut. Mendasarkan pada hasil penelitian, dapat diketahui bahwa bimbingan kelompok dengan metode ceramah dan diskusi serta memanfaatkan alat multimedia seperti memutar film dan CD audio dan dipadukan dengan kegiatan outbound management training, dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa. Kegiatan ceramah dan diskusi banyak memiliki manfaat dimana siswa dapat saling menghargai dan menghormati pendapat, kreativitas dalam mengemukakan ide atau pendapat, memperluas wawasan, memberikan pelajaran mengenai pengembangan diri, kesadaran diri serta pandangan baru dalam hubungan dengan lingkungan, dan terbentuk dinamika kelompok bagi para anggota kelompok. Kecenderungan perilaku disiplin yang berbeda-beda antara anggota kelompok sehingga harapannya dapat terjadi transfer informasi diantara anggota kelompok. Setelah pelaksanaan dengan ceramah dan diskusi pada siklus 1 ini, terbukti bahwa dari 12 orang yang memiliki skor dengan kriteria rendah, 7 orang diantaranya telah mendapat skor dengan kriteria tinggi.
Kata kunci : Prilaku disiplin, Bimbingan Kelompok

Objective to be achieved, namely to know the implementation of an effective group tutoring service to improve discipline behavior grade XI in SMA Negeri 1 Wanasaba Years Learning 2016/2017. This type of research this is a class action, the kind of research research is a systematic study is done in order to improve practices in education with practical action as well as a reflection of these actions. Basing on the results of the research, it can be noted that the guidance group with lectures and discussions, as well as methods of utilizing multimedia tools such as play movies and audio CDs, and combined with the activities of outbound management training, can increase the behavior of the discipline of students. Lectures and discussions much activity has benefits where students can appreciate and respect each other's opinions, creativity in proposing the idea or opinion, broaden, giving lessons on self improvement, self awareness and new views in relation to the environment, and formed group dynamics for the members of the group. The tendency of different disciplinary behavior among members of the group so that the expectation may occur the transfer of information among group members. After implementation with lectures and discussions on cycle 1 of this, it is evident that of the 12 people who have a score with low criteria, seven of which have been scored by high criteria.
Key words : behaviour of discipline, guidance Group

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

LALU ZAENUL HAMDI. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PRILAKU DISIPLIN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 97–114. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.244