ANALISIS DAMPAK PSICOSOSIAL PASCA GEMPA DI KECAMATAN SAMBELIA-KABUPATEN LOMBOK TIMUR

https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.283

Authors

  • Sulaiman, Umu Rosyidah Universitas Gunung Rinjani, Universias Islam Negeri Mataram

Keywords:

Dampak, Psicososial, Pasca, Gempa Bumi

Abstract

Gempa bumi yang terjadi di suatu tempat termasuk di pulau Lombok tersebut adalah merupkan salah satu peristiwa alam yang memiliki daya rusak pada banyak aspek yang bersifat fisik maupun non fisik. Daya rusak yang bersifat fisik adalah seperti kehancuran bangunan rumah, pepohonan, korban jiwa dan barang-barang berharga lainnya. Sedangkan dampak yang bersifat non fisik adalah seperti ketakutan, keteraumaan, keputusasaan dan hal –hal lain yang bersifat psikologis. Sehingga dengan demikian kerugian yang ditimbulkan akibat gempa bumi berdampak pada masalah – masalah sosial dan psikologis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Pasca Gempa secara Psicososial Di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok TimurPendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif yaitu menggambarkan perilaku, pemikiran, atau perasaan suatu kelompok atau individu di masyarakat sambelia sebagai korban dari musibah gempa bumi.

Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Dampak gempa pada masa tanggap darurat adalah rasa cemas paling banyak dirasakan yaitu sebanyak 81%, perasaan gelisah sebnayak 77%, tidak merasa aman tinggal di rumah 69%, sangat sedih 62%, dan merasa tidak berdaya 23% namun demikian secara umum kondisi psikologi masyarakat korban cukup baik untuk menghadapi dan menatap hari-hari berikutnya dalam menata kembali pranata kehidupan pasca gempa. 2) Dampak gempa pada masa pemulihan yaitu setelah masa lebih dari dua bulan masih mengalami Pasca Trauma Stress Disorder (PTSD), yaitu reecperience (mengingat kembali peristiwa), avoidance (menghindari tempat yang mengingatkan musibah gempa), hyperarusal (rangsangan atau rasa takut yang berlebihan). 3) Dampak gempa pada masa rehabilitasi menujukan bahwa masa trauma yang dialami oleh perempuan lebih lama dibandingkan dengan laki-laki, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satu dari faktor tersebut adalah kerentanan psikologi perempuan lebih tinggi dari laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

07/30/2020 — Updated on 07/30/2020

Versions

How to Cite

Sulaiman, Umu Rosyidah. (2020). ANALISIS DAMPAK PSICOSOSIAL PASCA GEMPA DI KECAMATAN SAMBELIA-KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2), 104–118. https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.283