PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI BELAJAR SISWA SERTA KREATIVITAS DI SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.211

Authors

  • LUKMAN

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Motivasi, Partisipasi Belajar Siswa Serta Kreativitas

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan factor yang sangat menentukan keberhasilan prestasi siswa
dalam belajar. Salah satu factor yang dpat meningkatkan motivasi belajar adalah penggunaan
model belajar yang bervariatif dan relevan dengan pokok bahasan atau materi yang dipelajari.
Untuk itulah sangat dituntut kemampuan guru dalam menggunakan berbagai model
pembelajaran. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan
motivasi dan partisifasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi dan kreativitas belajar siswa
dengan penggunaan model pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa proses pembelajaran dengan cooperative learning dapat meningkatkan motovasi dan
partisifasi belajar sehingga dapat merubah paradigm belajar dari teacher centered ke student
centered. Secara tidak langsung metode ini berhasil juga meningkatkan hasil atau prestasi
belajar serta kreativitas siswa dalam belajar.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Motivasi, Partisipasi Belajar Siswa Serta Kreativitas

Student learning is the motivation factor that largely determine the success of student
achievement in learning. One factor that can increase the motivation of learning is the use of
learning models in price and relevant to the subject matter or the material studied. For that's very
required the ability of teachers in using various models of learning. Through class action
Research (PTK), which aims to increase motivation and learning partisifasi students to increase
achievement and creativity learning of students with the use of cooperative learning model of
learning. The results showed that the learning process with cooperative learning can increase
motivation and learning so that partisifasi can change the paradigm learning from teacher
centered to student centered. Indirectly, this method worked also improve results or
achievements of learning as well as the creativity of students in learning.
Key Words: Cooperative Learning, Motivation, Participation In Student Learning And Creativity

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

LUKMAN. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI BELAJAR SISWA SERTA KREATIVITAS DI SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(1), 167–183. https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.211