Pengaruh Pembelajaran Dengan Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Pada Siswa Kelas XII IPS 1 Di SMA Negeri Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2017/2018

https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.195

Authors

  • RAHAYU EKO CAHYOWATI

Keywords:

Pemberian balikan, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran dengan
pemberian balikan terhadap motivasi dan hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XII IPS 1 Di
SMAN 1 Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah
pembelajaran di kelas. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga
siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat
disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Pembelajaran dengan metode pembelajaran dengan
pemberian balikan memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang
ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I
62,07%), siklus II (75,86%), siklus III (82,41%); Kedua, Penerapan metode pembelajaran
dengan pemberian balikan mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa
tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran dengan pemberian balikan sehingga
mereka menjadi termotivasi untuk belajar; Ketiga, Penerapan metode pembelajaran dengan
pemberian balikan efektif untuk mengingatkan kembali materi ajar yang telah diterima siswa
selama ini, sehingga mereka merasa siap untuk menghadapi ujian akhir yang segera akan
dilaksanakan.
Kata Kunci : Pemberian balikan, Prestasi Belajar

The purpose of this research was conducted to reveal the influence of learning with the giving
back towards motivation and results learn Accounting grade XII IPS 1 in Labuhan Haji SMAN 1
Year Lessons 2017/2018. This research is a research action (action research), because the
research was done to solve the problem of learning in the classroom. From the results of the
learning activities that have been conducted over the last three cycles, and based on the entire
discussion and analysis that has been done can be summed up as follows: first, Learning with
learning methods with the giving back have a positive impact in improving the learning
achievements of students marked with increased student learning ketuntasan in every cycle, i.e.
cycles I 62.07%), cycle II (75.86%), cycle III (82.41%); second, the application of the method of
learning by administering the inverse has a positive influence, that can enhance the learning
motivation of students who indicated to the average student's answer that States that students
are interested and are interested in methods learning with the giving back so they become
motivated to learn; Third, the application of the method of learning by administering continuous
effective teaching material back to remind the student has been accepted for this, so that they
feel ready to face final exams that are soon to be implemented.
Keywords: Granting a continuous Learning, accomplishment

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

RAHAYU EKO CAHYOWATI. (2020). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Pada Siswa Kelas XII IPS 1 Di SMA Negeri Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 99–112. https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.195