UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DENGAN METODE OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS XII IPS 1 SMAN 1 PRINGGASELA SEMESTER GANJIL T.P 2017-2018

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.192

Authors

  • UMI CHOIRIYATI

Keywords:

penguasaan materi, persamaan dasar akuntansi, metode optimalisasi pembelajaran berjenjang.

Abstract

Penelitian ini, penulis memfokuskan penelitian tindakan kelas hanya pada upaya peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan materi dasar persamaan akuntansi dengan menggunakan metode optimalisasi pembelajaran berjenjang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMAN 1 Pringgasela yang berlokasi di jalan Jurusan Mataram – Labuhan Lombok Km 45, Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 1 berjumlah 30 orang siswa. Terdiri dari 14 siswa putra dan 16 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017 -2018, selama kurang lebih dua setengah bulan (bulan September sampai dengan pertengahan bulan Nopember). Setelah dilakukan analisis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berjenjang dan bermain peran plus telah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai dan mengaplikasikan persamaan dasar akuntansi secara signifikan, dari kurang 50% (berdasarkan pengalaman mengajar penulis pada tahun-tahun sebelumnya) yang mampu menguasai materi persamaan dasar akuntansi menjadi 86,67% setelah dilakukan tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Proses pembelajaran dengan menggunakan metode optimalisasi pembelajaran berjenjang secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan siswa.
Kata kunci: penguasaan materi, persamaan dasar akuntansi, metode optimalisasi pembelajaran berjenjang.

This study, the authors focus on classroom action research only on efforts to improve students' ability in mastering the basic material of accounting equations by using the method of learning tiered optimization. This classroom action research was conducted at SMAN 1 Pringgasela located at Jalan Mataram - Labuhan Lombok Km 45, Pringgasela District, East Lombok Regency. The subjects of this study were all students of class XII IPS 1 amounted to 30 students. Consists of 14 male students and 16 female students. The study was conducted in the odd semester of the 2017 -2018, for approximately two and a half months (September to mid November). After the analysis, it can be concluded that tiered learning and role playing plus has been able to improve the ability of students in mastering and applying the basic equation of accounting significantly, from less than 50% (based on the experience of teaching writers in previous years) who are able to master the basic equation of accounting to 86.67% after a class action of three cycles. The learning process by using the method of tiered learning optimization can significantly improve student ability.
Keywords : Material Maintenance, Basic Equalization of Accounting, Method of Optional Learning Optimazation.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/04/2020

How to Cite

UMI CHOIRIYATI. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DENGAN METODE OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS XII IPS 1 SMAN 1 PRINGGASELA SEMESTER GANJIL T.P 2017-2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 189–200. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.192