UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DISTANCE LEARNING) BERBANTUAN MODA KOMBINASI PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DI KELAS VII D SMPN 1 LABUHAN HAJI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.393

Authors

Keywords:

moda kombinasi, pembelajaran jarak jauh, keaktifan siswa

Abstract

This research is a classroom action research that aims to find out and find a learning model that can increase student activity in distance learning. The sample in this study was class VII D of SMP Negeri 1 Labuhan Haji in the odd semester of the 2020/2021 school year. This research was carried out in two cycles with each cycle being carried out in two meetings. Each cycle consists of four phases, namely: the planning phase, the implementation phase, the observation phase, and the reflection phase. Data collection in this study was carried out through observation, questionnaires, and documentation studies. The results showed that the application of the combination mode can increase student activity in distance learning (Distance Learning) on Social Interaction material in class VII D SMPN 1 Labuhan Haji Odd Semester for the 2020/2021 Academic Year, namely increasing student activity in participating in the learning process and activeness in collect the assignments given by the teacher.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D SMP Negeri 1 labuhan haji semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing  siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat fase yaitu : fase perencanaan, fase pelaksanaan, fase pengamatan, dan fase refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan moda kombinasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) pada materi Interaksi Sosial di kelas VII D SMPN 1 Labuhan Haji Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, yaitu peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran maupun keaktifan dalam mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman, A., Prasojo, L. D., Sofwan, M., Mukminin, A., Habibi, A., & Yaqin, L. N. (2020). Factors Affecting Indonesian Pre-Service Teachers' Use of m-LMS: A Mix Method Study. Int. J. Interact. Mob. Technol., 14(6), 137-147.

Dimiyati dan Mudjiono, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Guru Pembelajar : Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Moda Tatap Muka Dalam Jaringan (Daring) dan Daring Kombinasi.

Erlis Nurhayati, 2020. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. Jurnal Pedagogy Vol.7. No.3. Juli 2020.

Hamidy, R. R., Mashur, M., & Yaqin, L. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Daring Melalui LMS pada Masa Covid 19. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 288-295.

Istarani, 2012. 58. Model Pembelajaran Inovatif, Medan Media Persada.

Kozma, 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Jaya.

Mustakim, 2020. Journal Of Islamic Education Vol.2, No.1, May 2020. Al Asma.

Nana Sudjana, 2005. Hasil Dan Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana, 2010. Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Perum Balai Pustaka.

Sardiman, 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Shoimin, 2014. 68. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Soekartawi, 2003. E-Learning Di Indonesia Dan Prospeknya Di Masa Mendatang. Makalah Seminar Nasional “E-Learning Perlu E-Library” Di Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Stewart, Keagen, B.Holmberg dalam Aristo Rahadi (2008), Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jarak Jauh, Artikel.

Sukartawi, 2003, Blended E-Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia, Jurnal Seminar Nasional.

Sutanto Edhy, Konsep Dan Implementasi E-Learning, Studi Kasus Pengem-bangan E-Learning di SMAN 1 Sentolo Yogyakarta. Jurnal (2009).

YAQIN, L. N., & ZAINUDDIN, M. (2017). MALE AND FEMALE ROLE IN CONVERSATION OF THE STUDENTS AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT OF GUNUNG RINJANI UNIVERSITY: A LINGUISTIC FEATURE OF SPOKEN DISCOURSE STUDY. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 5(1), 137-151.

Published

01/30/2022

How to Cite

Hj. Laili Ismini. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DISTANCE LEARNING) BERBANTUAN MODA KOMBINASI PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DI KELAS VII D SMPN 1 LABUHAN HAJI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 119–129. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.393