PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PABP KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.247

Authors

  • JUMAAH

Keywords:

Model Pembelajaran Demonstrasi, Aktivitas dan Presentasi Belajar.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus 1 dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 pertemuan dan sekali pertemuan untuk evaluasi. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS 1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 orang. Data aktivitas belajar peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, data prestasi belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes tulis setiap akhir siklus. Indikator aktivitas belajar peserta didik dikatakan meningkat apabila skor aktivitas dalam kategori baik dan ada peningkatan skor aktivitas dalam setiap siklusnya. Sedangkan prestasi belajar peserta didik dikatakan telah meningkat apabila rata-rata skor hasil evaluasi 75 dan ada peningkatan dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh skor aktivitas belajar rata-rata 17 (baik), dan hasil evaluasi rata-rata kelas 75,2, sedangkan pada siklus II, skor aktivitas belajar rata-rata 19,83 (sangat baik), dan hasil evaluasi rata-rata kelas 77,29 . Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran PABP dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Demonstrasi, Aktivitas dan Presentasi Belajar.

This research Type is action research class conducted in 2 cycle, where the cycle 1 and cycle II each consist of 2 meetings and all meetings for the evaluation. Each cycle consists of the planning phase, the implementation of the action, observation, evaluation and reflection. The subject of this research is the students of class XII IPS 1 year 2017/2018 lessons totalling 31. Learners learn activity data obtained through observation sheets, learning achievements of students data collected through each end of the test cycle. Indicators of learning activities students are said to be rising in a score in the category of good activity and there is increased activity score in each cycle. While the learning achievements of students are said to have increased in average score 75 evaluation results and there is an increase in each cycle. The results of the research on cycle I gained score learning activities on average 17 (good), and the results of the evaluation of the average class 75.2, whereas in cycle II, learning activity score an average of 19.83 (very good), and the results of the evaluation of the average class 77.29. This result shows that the application of the learning model a demonstration in a learning activity can increase the PABP and learning achievements of students of class XII IPS 1 SMA Negeri 1 Wanasaba lesson 2017/2018 year.
Keywords: Model a demonstration, Learning activities and the presentation of the study

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

JUMAAH. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PABP KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 53–66. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.247