DAMPAK TERPAAN BERITA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA GEMPA LOMBOK

https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.279

Authors

  • Ec.Endang Kartini, Izrawati, Lalu Mimbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Keywords:

Terpaan Berita, Minat Wisatawan Berkunjung, Pasca Gempa Lombok

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis  terpaan media massa  terutama  berita  di  televisi terhadap minat berkunjung wisatawan ke Lombok pasca  terjadinya gempa pada Agustus 2018. Penelitian didesain sebagai penelitian survey deskriptif  eksplanatori  yang bersifat  korelasional dan  pengaruh.  Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan  responden.  Metode  survei  merupakan metode yang mengambil sampel dari satu kelompok populasi dan menggunakan kuesioner yang terstruktur sebagai alat  pengumpulan  data  yang pokok untuk mendapatkan informasi yang spesifk. Fokus  penelitian  adalah  menganalisis  pengaruh terpaan berita pada media  televisi  terhadap minat berkunjung  wisatwan  pasca  terjadinya  bencana GempaLombok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita  yang  ditampilan  di  media  massa televisi  memberikan  dampak  terhadap  perilaku khalayaknya  sesuai dengan  teori  uses  and effect,  dimana  kebutuhan  akan  informasi  akan mempengaruhi  perilaku  penerima  informasi. Pasca  terjadinya gempa di Lombok pada Agustus 2018,  pemerintah  daerah maupun  pusat  kembali melakukan  penataan  terhadap destinasi wisata di Lombok terutama untuk infrastruktur dan pemasaran  pariwisatanya.  Hasil  penelitian  ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifkan positif terpaan  berita  terhadap minat  pariwisata ke Lombok pasca terjadinya gempa. Televisi yang merupakan media massa yang memiliki kekuatan dalam mempengaruhi, persepsi, pandangan hingga sikap  audiens.  Terpaan  berita  memberikan kontribusi  pengaruh  signifkan  positif  (sebesar 17.6%) terhadap minat pariwisata. Oleh karena itu, Televisi dirasa memainkan peranan penting dalam penyebaran  informasi  dan  memiliki  kemampuan untuk mempengaruhi perilaku khalayak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

07/30/2020 — Updated on 07/30/2020

Versions

How to Cite

Ec.Endang Kartini, Izrawati, Lalu Mimbar. (2020). DAMPAK TERPAAN BERITA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA GEMPA LOMBOK. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2), 71–82. https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.279