PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DALAM MENGGUNAKAN TANDA BACA PADA KOMPETENSI MENULIS ARTIKEL BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.243

Authors

  • JAMALUDDIN

Keywords:

Problem Based Learning, Tanda Baca, Kompetensi Menulis Artikel

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Untuk Meningkatkan Prestasi Dalam Menggunakan Tanda Baca Pada Kompetensi Menulis Artikel Bagi Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dalam penelitian tindakan ini, peneliti melakukan suatu tindakan, eksperimen, yang secara khusus diamati terus menerus, dililhat plus-minusnya, kemudian diadakan pengubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam bentuk tindakan yang paling tepat. (Arikunto, 2002: 22-23). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa : (a). Dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wanasaba tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor aktivitas peserta didik yaitu siklus I rata-rata skornya 16,68 dengan kategori baik, dan siklus II rata-rata skornya 17,34 dengan kategori baik; (b). Dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar seni rupa peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wanasaba tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu siklus I rata-rata nilainya adalah 76,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 80,6 % dan pada siklus II rata-rata nilainya 79 dengan ketuntasan belajar klasikal 84,4 % .
Kata kunci : Problem Based Learning, Tanda Baca, Kompetensi Menulis Artikel

Objective to be achieved in this research is to know the application of Models of learning Problem based learning to improve Achievement in using Punctuation in the article writing Competence For Students of Class XI IPA 1 SMAN 1 Wanasaba Years Lessons 2016/2017. This type of research is Research Action class (Classroom Action Research). In this action research, the researcher performs an action, experiment, specifically observed continuously, dililhat plus-minusnya, and then held on until the controlled conversion efforts in the most appropriate form of action. (Arikunto, 2002:22-23). Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that: (a) by applying the learning Problem Based Learning Model can improve the learning activities the students of Class XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wanasaba lesson 2016/2017 year. This can be seen from the increase in the average score activity students i.e. cycles I average 16.68 his score by category, and cycle II his score average of 17.34 with categories either. (b) by applying a Model of learning Problem Based Learning can improve learning achievement art learners class XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wanasaba lesson 2016/2017 year. This can be seen from the increase in the results of the learning learners i.e. cycles I average value is ketuntasan of classical learning with 76.2 80.6% and cycle II average worth 79 with 84.4% ketuntasan of classical learning.
Keyword: Problem Based Learning Competency, punctuation, writing articles

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

JAMALUDDIN. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DALAM MENGGUNAKAN TANDA BACA PADA KOMPETENSI MENULIS ARTIKEL BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 115–129. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.243