PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARATIF BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DENGAN MEDIA GAMBAR SERI

https://doi.org/10.12345/jir.v8i1.72

Authors

  • TRISNA KUSUMA WARDANI Universitas Nahdatul Ulama
  • SYAMSUL IRFAN Universitas Al Azhar Mataram

Keywords:

Menulis Naratif, Pendekatan Komunikatif, Media Gambar Seri

Abstract

This study is an action research aimed to increasing the ability of students in writing Indonesian narrative text through a communicative approach with media image series, on the fifth grade of students in SDN 6 Lembuak, Narmada, West Lombok, West Nusa Tenggara. This study was conducted because of the students have low ability o writing Indonesian narrative text. That was caused, writing was not emphasized in learning, in other words, writing is regarded as a sideline activity when the teacher can not fill up the learning. Through a communicative approach, students are encouraged to be more active in learning, and with the help of the media image series, the student will be easier to imagine, and find ideas for an essay. The results showed that the application of the communicative approach can increase students' enthusiastic and motivation in learning Indonesian language, and can improve the ability to write Indonesian narrative text.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis naratif bahasa Indonesia siswa melalui pendekatan komunikatif dengan media gambar seri, pada siswa kelas V SDN 6 Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan menulis naratif bahasa Indonesia siswa yang disebabkan, mengarang tidak terlalu ditekankan dalam pembelajaran, dengan kata lain, mengarang dianggap sebagai kegiatan sampingan bila guru tidak bisa mengisi pembelajaran. Melalui pendekatan komunikatif, siswa diajak untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dan dengan bantuan media gambar seri, siswa akan lebih mudah berimajinasi, serta menemukan ide-ide untuk membuat karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan antusias serta motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan dapat meningkatkan kemampuan menulis naratif bahasa Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

01/23/2020

How to Cite

TRISNA KUSUMA WARDANI, & SYAMSUL IRFAN. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARATIF BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DENGAN MEDIA GAMBAR SERI. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(1), 45–53. https://doi.org/10.12345/jir.v8i1.72