MENGGUNAKAN STUDENT’S TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS X IPA1SMAN 1 AIKMEL TAHUN AJARAN 2013-2014

https://doi.org/10.53952/jir.v3i1.240

Authors

  • AGUS JURAIDI

Keywords:

Student’s Team Achievement Division (STAD) , Aktivitas, , membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa
Inggris dengan menggunakan Student’s Team Achievement Division (STAD) pada
siswa kelas X IPA2 SMAN 1 Aikmel tahun pelajaran 2013-2014. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas dengan pola teacher as a researcher yang
dilakukan dalam bentuk siklus tindakan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus
dengan empat kali pertemua,dimana masing-masing suklus terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi dengan menggunakan
disain penelitian Kurt Lewin. Dari hasil analisa data pada siklus I dapat dilihat bahwa
nilai rata-rata observasi aktivitas siswa 1,93 jika dikonversi maka termasuk kategori
kurang aktif. Dan Pada siklus kedua nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 3,39
termasuk kategori cukup aktif. Dari kedua siklus yang sudah dilewati ternyata
Student’s Team Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan aktivitas
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan dari hasil data analisis tes
didapatkan pada siklus I nilai rata-rata kemampuan siswa dengan menggunakan TBL
adalah 67,00 dan prosentase ketuntasan 47,50 yang berarti belum mencapai 85%
yang mencapai KKM. Sedangkan Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan siswa
membaca adalah 77,60 dan prosentase ketuntasan 87,50% berarti bahwa
pelaksanaan tindakan dikatakan berhasil karena subjek penelitian telah mencapai
85% mencapai KKM. Dari hasil analisa data ini jelas bahwa STAD mampu
meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Aikmel TA 2013-
2014.
Kata kunci : Student’s Team Achievement Division (STAD) , Aktivitas, , membaca

This study aimed to improve the ability to read English by using Student's Team
Achievement Division (STAD) in class X IPA2 SMAN 1 Aikmel 2013-2014 school year.
This research is a class act with the pattern of teacher as a researcher who performed
in the form of a cycle of action. This study was conducted by two cycles of four times
was a meeting, where each suklus consists of four phases: planning, implementation,
observation and reflection using research design Kurt Lewin. From the analysis of the
data in the first cycle can be seen that the average value of student activity
observation 1.93 if converted then categorized as less active. And the second cycle
the average value of student activity is 3.39 categorized quite active. From the second
cycle was skipped turns Student's Team Achievement Division (STAD) is able to
increase the activity of student activity in the learning process. While the results of the
test analysis of data obtained in the first cycle the average value of students' ability to
use TBL is 67.00 and 47.50 meaningful mastery percentage has not reached 85%,
which reached KKM. Whereas the second cycle the average value of students' ability
to read is the percentage of 77.60 and 87.50% completeness means that the
implementation of the action is successful because the study subjects had reached
85% reach KKM. From the data analysis it is clear that the STAD can improve reading
skills class X IPA 1 SMAN 1 Aikmel FY 2013-2014.
Keywords: Student's Team Achievement Division (STAD), Activities, reading

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

AGUS JURAIDI. (2020). MENGGUNAKAN STUDENT’S TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS X IPA1SMAN 1 AIKMEL TAHUN AJARAN 2013-2014. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 3(1), 11–24. https://doi.org/10.53952/jir.v3i1.240