MENINGKATKAN PENGUASAAN INFORMASI PILIHAN KARIR SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 SUELA MELALUI PEMBERIAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN PENGGUNAAN MEDIA PADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.212

Authors

  • MOH. SALEH

Keywords:

penguasaan informasi, pilihan karir, bimbingan kelompok, media

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan
informasi pilihan karir siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Suela melalui pemberian
bimbingan kelompok dan penggunaan Media pada tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Suela selama 3 bulan yakni selama bulan
Februari –April. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas XII. Desain penelitian ini
dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua
siklus yaitu siklus I dan siklus II. Instrument dan Teknik pengukuran yang dilakukan
adalah observasi dan angket. Analisis yang digunakan untuk menganalisis
pelaksanaan satuan-satuan layanan dan pendukung-pendukung layanan BK. Data
yang diperoleh melalui daftar cek dideskripsikan dengan statistik deskripsi. Dapat
disimpulkan bahwa tingkat penguasaan informasi pilihan karier 18 orang kategori
Tinggi (45%), 10 orang yang kategori Sedang (25 %), dan 12 orang kategori rendah
(30 %).
Kata kunci: penguasaan informasi, pilihan karir, bimbingan kelompok, media

The purpose of this research is to improve the mastery of information on career
choices of students of class XII IPA1 in SMA 1 Suela through the provision of group
guidance and media use in the 2017/2018 school year. This research took place at
Suela 1 Public High School for 3 months, during February - April. The subjects of this
study were class XII students. The design of this study was conducted by Classroom
Action Research with stages of planning, implementation, observation, and reflection.
This action research was carried out in two cycles, namely cycle I and cycle II.
Instrument and measurement techniques performed are observation and
questionnaire. The analysis is used to analyze the implementation of service units and
supporters of BK services. Data obtained through checklists are described by
description statistics. It can be concluded that the level of mastery of career choice
information is 18 people in the High category (45%), 10 people in the Medium
category (25%), and 12 people in the low category (30%).
Keywords: mastery of information, career choice, group guidance, media

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

MOH. SALEH. (2020). MENINGKATKAN PENGUASAAN INFORMASI PILIHAN KARIR SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 SUELA MELALUI PEMBERIAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN PENGGUNAAN MEDIA PADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(1), 184–196. https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.212