UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 MONTONG GADING SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018 -2019

https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.208

Authors

  • PATHAN

Keywords:

supervisi akademik, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kompetensi guru dalam
melaksanakan pembelajaran melalui supervisi akademik oleh Kepala Sekolah, dan
(2) efektivitas kegiatan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan
kompetensi guru melaksanakan peroses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini
adalah guru SMA Negeri 1 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur tahun
pelajaran 2018– 2019. Penelitian ini dilakukan bagi Guru SMAN 1 Montong Gading
yang terdiri dari 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dalam semester
ganjil tahun pelajaran 2018 -2019. Penelitian ini dilakukan selama 6 pekan yaitu
bulan Agustus s.d Oktober 2018. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan
angket. Analisis data digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dapat disimpulkan
bahwa (1) Pembinaan Kepala Sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru
melalui supervisi akademik menunjukan peningkatan pada tiap-tiap siklus, (2) aktivitas
dalam kegiatan pembinaan menunjukan bahwa guru dapat meningkatkan
kompetensinya, dan (3) aktivitas guru menunjukan bahwa kegiatan pembinaan
melalui supervisi akademik bermanfaat membantu guru meningkatkan kompetensi
pedogogiknya.
Kata kunci: supervisi akademik, pembelajaran

This study aims to find out: (1) increasing teacher competency in implementing
learning through academic supervision by the Principal, and (2) the effectiveness of
academic supervision activities by the Principal in improving teacher competence in
implementing the learning process. The subjects in this study were teachers of
Montong Gading State High School 1 East Lombok Regency 2018-2019. This
research was conducted for teachers of SMAN 1 Montong Gading consisting of 32
people. This study was conducted in 3 cycles in the odd semester of the school year
2018 -1919. This research was conducted for 6 weeks, namely in August from
October 2018. Data was collected by observation and questionnaire techniques. Data
analysis is used namely quantitative and qualitative. It can be concluded that (1)
Guiding Principals in an effort to increase teacher competency through academic
supervision shows an increase in each cycle, (2) activities in coaching activities show
that teachers can improve their competence, and (3) teacher activities show that
coaching activities through Academic supervision is useful to help teachers improve
their pedogogical competencies.
Keywords: academic supervision, learning

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

PATHAN. (2020). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 MONTONG GADING SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018 -2019. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(1), 137–147. https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.208