MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DALAM HIKAYAT DENGAN METODE STAD PADA SISWA KELAS X MIPA-2 SMA NEGERI 1 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.204

Authors

  • BAIQ LASMI SUPARTINI

Keywords:

Aktivitas belajar, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
Mengidentifikasi Nilai-nilai dalam cerita Rakyat. Penelitian ini menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri
dari 4 komponen yaitu : a). Rencana tindakan yang akan dilakukan dan sikap sebagai
solusi. b). Tahap pelaksanaan tindakan, (apersepsi, bagian inti, dan kegiatan
penutup). c). Observasi, Refleksi. Berdasarkan hasil refleksi ini peneliti bersama
melakukan revisi perbaikan terhadap rencana awal. Hasil penelitian menunjukan
bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil nilai rata-rata kelas yang
semula 61,10, pada siklus I dan pada siklus II menjadi 77,21 berartii keberhasilan
pembelajaran materii Mengidentifikasi Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat (Hikayat)
dengan Metode STAD (Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas X
MIPA2 SMA Negeri 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2018/2019 sudah baik dan di atas
standar ketentuan yang diisyaratkan.
Kata kunci : Aktivitas belajar, STAD

This study aims to improve student learning activities in identifying values in Folk
stories. This study used the Classroom Action Research (CAR) method using 2
cycles. Each cycle consists of 4 components, namely: a). Plan the action to be taken
and attitude as a solution. b). The implementation phase of the action (apperception,
core section, and closing activities). c). Observation, Reflection. Based on the results
of this reflection, the joint researchers conducted revised improvements to the original
plan. The results of the study show that there is an increase in student learning
outcomes. From the results of the class average scores that were originally 61.10, in
the first cycle and in the second cycle to 77.21 meaning the success of material
learning Identifying Values in Folk Stories (Hikayat) with the STAD Method (Student
Team Achievement Division) in Class Students X MIPA2 Masbagik 1 Senior High
School 2018/2019 Academic Year is good and above the standard stipulated
conditions.
Keywords: Learning activities, STAD

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

BAIQ LASMI SUPARTINI. (2020). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DALAM HIKAYAT DENGAN METODE STAD PADA SISWA KELAS X MIPA-2 SMA NEGERI 1 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 197–205. https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.204