UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PELUANG KEJADIAN MAJEMUK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS XII IPS 2 SEMESTER GENAP 2018/2019 SMA NEGERI 1 SELONG

https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.202

Authors

  • ABD. HALIM HUSNI

Keywords:

Penelitian Tindakan, Peluang Kejadian, Metode Demonstrasi

Abstract

Metode Demonstrasi diimplementasikan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang Kejadian Majemuk di XII IPS-2 SMA
Negeri 1 Selong. Hasil dari lembar pengamatan menunjukkan bahwa aktivitas siswa telah
meningkat dari rata-rata nilai siswa 73,4 pada siklus pertama menjadi 78,6 pada siklus kedua.
Persentase siswa yang mendapat skor di atas nilai kelulusan meningkat dari 81,56% pada
siklus pertama menjadi 87,33% pada siklus kedua. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan
metode Demonstrasi dapat bermanfaat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
peluang kejadian.
Kata kunci: Penelitian Tindakan, Peluang Kejadian, Metode Demonstrasi.

Methods implemented in the action research Demonstration classes to enhance student
learning outcomes on the material Compound Events opportunities in XII IPS-2 SMAN 1
Selong. The result of the observation sheet shows that the activity of students has increased
from an average value of 73.4 students in the first cycle second cycle be 78.6. The percentage
of students who scored above the value of graduation increased from 81.56% on first cycle be
87.33% on the second cycle. The results show that the application of Demonstration method
can be useful in improving student learning results content opportunities.
Keywords: Action Research, the chance occurrence, the method of demonstration.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

ABD. HALIM HUSNI. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PELUANG KEJADIAN MAJEMUK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS XII IPS 2 SEMESTER GENAP 2018/2019 SMA NEGERI 1 SELONG. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 178–187. https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.202