EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU PAKET DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN PADA PRAKTIKUM PERPAJAKAN

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.190

Authors

  • RUSLI AMRUL, HERAWATI KHOTMI, ROSYIA WARDANI

Keywords:

Efektivitas, Buku Paket, Pembelajaran

Abstract

Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. Tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran praktikum perpajakan terkait mengenai mutu luaran perguruan tinggi yang sejalan dengan KKNI yaitu lulusan program D-III paling sedikit menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Hipotesis-1 dan untuk menguji hipotesis-1 digunakan uji one sample t-test, Uji Hipotesis-2 dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan prasyarat uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Jika terpenuhi prasyarat berikutnya uji hipotesis dengan uji T, Hipotesis 3 dengan uji two sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan capaian ketuntasan belajar berbasis buku paket mencapai kriteria ketuntasan pembelajaran. Hasil pengujian independensi keaktifan terhadap hasil belajar menunjukkan keaktifan belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil pengujian independensi keterampilan belajar terhadap hasil belajar menunjukkan keterampilan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Penerapan pembelajaran berbasis buku paket dibandingkan dengan pembelajaran konvensional Berdasarkan uji beda dengan memilih asumsi varians yang tidak sama diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelas yang berbasis buku paket dengan yang tidak menggunakan buku paket.
Kata Kunci : Efektivitas, Buku Paket, Pembelajaran


Graduates competency standards are the minimum criteria of graduate qualification include attitude, knowledge and skills expressed in the formulation of graduate learning achievement. The aim is to improve and improve the quality of learning about taxation related to the quality of higher education college in line with the KKNI that is the graduate of D-III program at least master the theoretical concepts of the field of knowledge and skills in general. Data analysis in this study using Hypothesis-1 Test and to test the hypothesis-1 used one sample t-test, Hypothesis-2 Test using multiple regression analysis with normality test prerequisite, multicollinearity test, autocorrelation test, and heterokedastisity test. If met the next prerequisite hypothesis test with T test, Hypothesis 3 with two sample test t-test.The results showed that the achievement of learning-based book-based learning reached the learning completeness criteria. The result of the independence test of activeness to the learning outcomes shows the learning activity does not affect the learning outcomes. The results of testing the independence of learning skills to the learning outcomes show the skills have no effect on the learning outcomes. The application of book-based learning based on conventional learning based on different test by choosing unequal variance assumption is found that there are significant differences in learning outcomes between package-based and non-packaged books.
Keywords: Effectiveness, Package Book, Learning

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/04/2020

How to Cite

RUSLI AMRUL, HERAWATI KHOTMI, ROSYIA WARDANI. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU PAKET DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN PADA PRAKTIKUM PERPAJAKAN. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 153–165. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.190