PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU KUARTET DAN TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SDN 3 LEMBUAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

https://doi.org/10.12345/jir.v7i2.130

Authors

  • TRISNA KUSUMA WARDANI, SYAMSUL IRFAN

Keywords:

Pengembangan model pembelajaran; Permainan Kartu Kuartet; Teka-Teki Silang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan model pembelajaran IPA berbasis
permainan kartu kuartet dan teka-teki silang pada pembelajaran IPA SD kelas V SDN 3
Lembuak. Prosedur penelitian pada penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pengembangan,
(3) uji lapangan dan (4) desiminasi. Selain itu, pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan kuisioner (angket) pada ahli materi, guru dan siswa kelas V SDN 3 Lembuak.
Dengan kualifikasi 2 orang ahli: 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, dan 21 orang siswa
kelas V SDN 3 Lembuak. Pada hasil penelitian ini, diperoleh data sebagai berikut: (1) hasil
validasi: buku model 2,91 (baik), buku guru: 2,91 (baik), buku siswa: 2,91 (baik), RPP 3,1 (baik)
dan implementasi RPP 3 (baik), (2) persentase hasil belajar siswa pada uji coba tahap I dan II
dengan perbandingan kriteria yaitu: untuk kriteria cukup yang tadinya 37,5% pada uji coba
tahap I menjadi lebih sedikit di tahap II dengan persentase 9,5%, sedangkan untuk kriteria baik
meningkat dari 50% menjadi 42% dan kriteria sangat baik dari 1 orang siswa pada uji coba
tahap I menjadi 10 orang siswa pada uji coba tahap II. (3) hasil penilaian sikap siswa: kriteria
baik 6 orang siswa dengan skor 3-3,4 dan kriteria sangat baik 15 orang siswa dengan skor 3,5-
4. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran IPA berbasis
permainan kartu kuartet dan teka-teki silang ini mampu sebagai solusi dari segala
permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah, baik itu permasalahan yang menyangkut
siswa maupun permasalahan yang ditimbulkan dari guru dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan model pembelajaran; Permainan Kartu Kuartet; Teka-Teki Silang

The purpose of this study is to produce a nature science learning (IPA) model based on quartet
card games and crossword puzzles in the fifth-grade elementary school science learning at
SDN 3 Lembuak. The research procedures in this study were: (1) planning, (2) development, (3)
field testing and (4) dissemination. Besides, data collection in this study used a questionnaire on
material experts, teachers and fifth-grade students at SDN 3 Lembuak. With the qualifications of
2 experts: 1 media expert, one material expert, and 21 students of fifth-grade SDN 3 Lembuak.
The results of this study revealed: (1) the results of validation: 2.91 model book (good),
teacher's book: 2.91 (good), student book: 2.91 (good), lesson plan 3.1 ( good) and the
implementation of RPP 3 (good), (2) the percentage of student learning outcomes in the phase
I. and II trials with a comparison of criteria, namely: for sufficient criteria that was 37.5% in
phase I trials to be less in phase II with a percentage of 9.5%, while for good criteria it increased
from 50% to 42% and the criteria were very good from 1 student in the phase I trial to 10
students in the phase II trial. (3) Results of student attitudes assessment: good criteria for six
students with a score of 3-3.4 and very good criteria for 15 students with a score of 3.5-4. Thus,
this study concludes that the nature science learning (IPA) model is based on quartet card
games and crossword puzzles as a solution to all the problems that exist in the school, both
problems involving students and problems that arise from the teacher in the learning process.
Keywords: Development of nature science learning models; Quartet Card Games; Cross
Puzzle

Downloads

Download data is not yet available.

Published

02/14/2020

How to Cite

TRISNA KUSUMA WARDANI, SYAMSUL IRFAN. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU KUARTET DAN TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SDN 3 LEMBUAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 67–75. https://doi.org/10.12345/jir.v7i2.130