Dampak Pelayanan Kesehatan Pada Kepuasan Pasien RSI Siti Hajar Mataram

https://doi.org/10.53952/jir.v11i1.457

Authors

  • Endang Kartini STIE AMM Mataram
  • Lalu Mimbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Izrawati Mts. Negeri 1 Lombok Barat

Keywords:

Pelayanan Kesehatan, Kepercayaan ,Kepuasan Pasien

Abstract

The study aimed to determine the impact of health services and trust on patient satisfaction and the impact of health services and trust simultaneously on patient satisfaction at RSI Siti Hajar Mataram. The sample used as many as 99 respondents with the sampling technique, namely proportional sampling, which was carried out by taking the same percentage (%) from each class of patients. The results of the study show that health services have an impact on patient satisfaction. The results of the t-count test were 2,358, and the t-table was 1,660 (2,358 > 1,660). This means that the higher the level of service, the higher the level of patient satisfaction, and vice versa. Trust has an impact on patient satisfaction. The result of the t count is 12,892 t table is 1,660 (12,892 > 1,660) with a significance level below 5%, namely 0.000. This means that the higher the trust, the higher the level of patient satisfaction, and vice versa. Simultaneously health services and trust have an impact on patient satisfaction. Appointed from the calculated F value greater than the F table (182,986 > 2.70)

Keywords: Health Services, Trust, Patient Satisfaction

ABSTRAK

Tujuan penelitian mengetahui dampak pelayanan kesehatan dan kepercayaan berdampak pada kepuasan pasien serta mengetahui dampak pelayanan kesehatan dan kepercayaan berdampak secara simultan pada kepuasan pasien RSI Siti Hajar Mataram. Sampel digunakan sebanyak 99 responden dengan teknik pengambilannya yaitu proporsional sampling yang dilakukan dengan mengambil prosentase (%) yang sama dari tiap kelas pasien. Hasil penelitian menunjukkan Pelayanan kesehatan berdampak pada Kepuasan Pasien. Hasil uji t hitung  sebesar 2.358 dan t tabel sebesar 1.660 ( 2.358 > 1.660 ). Artinya  semakin  tinggi tingkat Pelayanan, semakin  tinggi  pula tingkat Kepuasan  Pasien, sebaliknya.  Kepercayaan  berdampak pada  Kepuasan  Pasien.  Hasil t hitung sebesar 12.892  t tabel sebesar 1.660 ( 12.892 > 1.660) dengan tingkat signifikansi dibawah 5% yaitu 0,000. Ini  berarti makin  tinggi kepercayaan makin  tinggi pula  tingkat Kepuasan Pasien, sebaliknya.Secara simultan Pelayanan kesehatan, dan Kepercayaan berdampak pada Kepuasan Pasien. ditunjuk dari nilai F hitung lebih besar dari F tabel  (182.986 > 2.70)  

Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan, Kepercayaan ,Kepuasan Pasiem

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Mohammad Muzahid and Noorjahan Parvez. 2009. Impact or Service Quality, Trust, and Customer Satisfaction on Customers Loyalty. ABAC Journal Vol.29 No.1 : 24-38.

Bahjuri Ali, P dkk; (2018 ); Penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas; Penerbit Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kedeputian Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas

Bahjuri Ali, P; (2022); Buku Putih Reformasi Sistem Kesehatan Nasional Diterbitkan Oleh: Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kedeputian Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Jalan Taman Suropati No.2, Jakarta Pusat 10310, DKI Jakarta, Indonesia

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K.P. dan K.R.I. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Griffin, Jill. 2004. Costumer Loyalty. Edisi Revisi. Alih Bahasa oleh Dwi Kartini Yahya. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Herawati I; dkk (2021); Manajemen Pelayanan Kesehatan; Diterbitkan pertama kali oleh Literasi Nusantara Perum Paradiso Kav. A1 Junrejo – Batu

Kotler dan Armstrong. 2002. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

----------. 2001. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indeks.

----------. 2004. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Jakarta : Indeks.

----------. 2005. Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta : Indeks.

Lupiyoadi, Rambat. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Lupiyoadi, Rambat & Hamdani.2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba empat.

Mula Joseph, Ainur Rofiq. 2010. “The Effect of Customers’ Trust on E-Commerce: A Survey of Indonesian Customer B to C Transactions”.

Munusamy Jayaraman, Shankar Chelliah and Hor Wai Mun. 2010. “Service Quality Delivery and Its Impact on Customer Satisfaction in the Banking Sector in Malaysia”. International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 1, No. 4, October 2010.

Nurmala; Ira; (2018) Promosi Kesehatan, Penerbit; Airlangga University Press (AUP) Pusat Penelitian dan Percetakan Universitas Airlangga

Oetama Marsis; I; (2016) Penataan Sistem Pelayanan Kesehatan Primer; Penerbit Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Jakarta.

Sugiyono.2006. Metode Penelitian Bisnis, CV.Alfabeta, Yogyakarta.

Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan Ke Dua Belas. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhartanto, D. dan Kusdibyo, L. 2005. Konsumen di Sektor Publik : Perspektif Bisnis, Usahawan, No. 06 Th. XXXIV (Juni) : 29-35.

Sutrisno Hadi, 2007; Metodologi Research, Yogyakarta; Andi Offset,.

Sulaeman; ES (2019) Manajemen Kesehatan Teori dan Praktek di Puskesmas, Penerbit Gadjah Mada University Press (UGM)

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

----------. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi

----------. 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.

----------. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi.

Undang-Undang Nomor 36/2009 tentang kesehatan

Yunus Nek Kamal Yeop, Azman Ismail, Zubrina Ranee dan Salomawati Ishak. 2009. “Service Quality Dimensions, Perceive Value and Customer Satisfaction: ABC Relationship Model Testing”. IBEJ Vol.2 Issue No.1 (2009)01-18.

Published

01/22/2023