ANALISIS PENGARUH PELATIHAN, PENGETAHUAN, DAN PERSEPSI RETURN TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI REKSADANA (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE AMM Mataram Tahun 2021)

https://doi.org/10.53952/jir.v10i2.426

Authors

Keywords:

Investment decision, training, , knowledge, , and perception of return

Abstract

This research aims to determine the effect of training, knowledge, and perception of return on the decision to invest in mutual funds (a case study on students of STIE AMM Mataram in 2021). The research variables used are investment decisions, training, knowledge, and perceptions of return. The assessment is measured using a Likert scale. This type of research includes associative research. This study took a sample of 80 students of STIE AMM Mataram. The data analysis method used in this study was a statistical analysis method using computer software, namely SPSS. The data analysis method used in this research is multiple linear regression. The results in this study are the variables of training, knowledge, and perception of return partially have a significant effect on the decision to invest in mutual funds at STIE AMM Mataram students.

Keywords: Investment decision, training, knowledge, and perception of return.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, pengetahuan, dan persepsi return terhadap keputusan berinvestasi reksadana (studi kasus pada mahasiswa STIE AMM Mataram Tahun 2021). Variabel peneitian yang digunakan yaitu keputusan berinvestasi, pelatihan, pengetahuan, dan persepsi return penilaiannya diukur dengan menggunakan skala likert. Jenis penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Penelitian ini mengambil sampel pada mahasiswa STIE AMM Mataram sebanyak 80. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik menggunakan bantuan perangkat lunak komputer yaitu SPSS. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah variabel pelatihan, pengetahuan, dan persepsi return secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi reksadana pada Mahasiswa STIE AMM Mataram.

Kata Kunci: Keputusan berinvestasi, pelatihan, pengetahuan, dan persepsi return

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Maslichah, dan Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Investasi, ModaldMinimum Investasi, Return, Risiko dan Motivasi Investasi terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kota Malang). E-JRA, 8(5): 38-52.

Andina, Nadia Putri. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Widyatama

Darmawan, A., dan Japar, J. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal dan Motivasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Majalah Neraca, 1-13.

Dasriyan S. (2018). Pengaruh Manfaat, Modal, Dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal. Future jurnal manajemen dan akuntansi. Hal 178- 190

Hartono, Jogiyanto, 2017, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi 11, BPFE, Yogyakarta.

Khotimah, H., Warsini, S., dan Nuraeni, Y. (2016). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan terhadap Minat Investor pada Efek Syariah di Pasar Modal (Survei pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok). Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Perbankan, 1(5): 423-433.

Khusnatul Zulfa Wafirotin, D. M. (2015). Persepsi Keuntungan Menurut Pedagang Kakilima Di Jalan Baru Ponorogo. Jurnal Ekulilibrium, Volume 13, Nomor 2.

Listyani, T.T., Rois, M., dan Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal dan Persepsi Risiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal (Studi pada PT Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 2(1): 49-70.

Merawati, L.K., dan Putra, I.P.M.J.S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Penghasilan pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 10(2): 105-118.

Pamungkas, A.S., Budiono, H., Wiyanto, H., dan Widjaya, H. (2019). Pelatihan Pengenalan Investasi Reksadana untuk Pelajar SMK Ariya Metta. Sabdamas Universitas Tarumanagara, 133-140.

Putra, I.B.P.P., dan Supadmi, N.L. (2019). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Persepsi Mahasiswa, Modal Minimal dan Hubungan Pertemanan pada Minat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 27(2): 1144-1170.

Syaifullah, M., Fachrurazi, F., Achmad, F., Usman, S. A., & Wahyuni, R. (2019). Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 3(2), 108-127.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi, Edisi Pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Tandio, T., dan Widanaputra, A.A.G.P. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3): 2316-2341.

Published

07/30/2022

How to Cite

Farah Salsabila, & M. Wahyullah. (2022). ANALISIS PENGARUH PELATIHAN, PENGETAHUAN, DAN PERSEPSI RETURN TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI REKSADANA (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE AMM Mataram Tahun 2021). Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(2), 83–90. https://doi.org/10.53952/jir.v10i2.426